W20 Sispreneur Bantu UMKM Perempuan Go Digital dan Go Global

- Selasa, 7 Juni 2022 | 08:24 WIB
W20 Sispreneur, yang merupakan kolaborasi antara engagement group Women20 (W20) dan Sisternet dari PT XL Axiata Tbk. (suaramerdeka.com / dok XL Axiata)
W20 Sispreneur, yang merupakan kolaborasi antara engagement group Women20 (W20) dan Sisternet dari PT XL Axiata Tbk. (suaramerdeka.com / dok XL Axiata)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Berbagai inisiatif dan dukungan terhadap agenda G20 Presidensi Indonesia terus berlanjut.

Melalui W20 Sispreneur, yang merupakan kolaborasi antara engagement group Women20 (W20) dan Sisternet dari PT XL Axiata Tbk berhasil menjaring lebih dari 1.000 peserta.

Serangkaian kelas inkubasi yang akan digelar sepanjang Juni 2022 ini, dihadiri peserta dengan jenis usaha olahan makanan dan minuman, fashion, jasa, kerajinan, kecantikan, serta agribisnis beromzet rata-rata per bulan Rp 5 juta hingga Rp 100 juta.

Baca Juga: Kontrak Diperpanjang, James Milner Bertahan Setahun Lagi di Liverpool

"Kolaborasi Kemen PPPA dan XL Axiata melalui W20 Sispreneur sebagai upaya mendorong ekonomi inklusif melalui pemberdayaan kepada womenpreneurs Indonesia agar #BeraniNaikKelas melalui adanya akses permodalan dan transformasi digital,'' kata Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA (Kemen PPPA) Republik Indonesia, Lenny N. Rosalin, Minggu 5 Juni 2022.

Ditambahkan, tercatat dari total 65,5 juta unit usaha, sebanyak 99,99 persennya digerakkan UMKM di mana sekitar lebih dari 50 persen dari pelaku UMKM tersebut adalah perempuan.

Ada tiga strategi utama yang diusung Kemen PPPA dalam upaya mendorong peran perempuan sebagai penggerak ekonomi.

Baca Juga: Hasil UEFA Nations League: Kroasia Vs Prancis Berakhir Imbang 1-1

Strategi ini mencakup solusi digital untuk menjalankan usaha sembari mengurus tanggung jawab rumah tangga dan keluarga.

Kedua, kebijakan untuk mendukung ekosistem kewirausahaan yang tertuang dalam UU No. 11 Tahun 2020 dan PP No. 2 Tahun 2022.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

XL Axiata Pacu Akselerasi Digitalisasi UMKM Perempuan

Kamis, 25 Agustus 2022 | 09:32 WIB
X