Sudah Diberlakukan Awal Tahun, Wajib Pajak Pemanfaat PPS di Demak Masih Rendah

- Selasa, 7 Juni 2022 | 07:45 WIB
Sejumlah pegawai Kantor KPP Pratama Demak menyosialisasikan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) wajib pajak di Jalan Sultan Trenggono. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Sejumlah pegawai Kantor KPP Pratama Demak menyosialisasikan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) wajib pajak di Jalan Sultan Trenggono. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Meski sudah diberlakukan sejak 1 Januari 2022, namun baru sebagian kecil wajib pajak di Kabupaten Demak yang memanfaatkan Program Pengungkapan Sukarela (PPS).

Bahkan jumlah wajib pajak Demak yang memanfaatkan program PPS, tidak lebih dari satu persen.

Dari 9.179 wajib pajak yang diketahui memiliki harta kekayaan yang belum dilaporkan, baru 35 orang yang telah memenuhi kewajibannya.

"Para wajib pajak sudah kami beritahu tentang PPS ini, ada yang melalui surat pos dan apa pula yang email. Ini kesempatan bagi mereka, karena jika melebihi batas waktu maka ketentuan pajaknya 30 persen," kata Kepala KPP Pramata Demak, Taufik Wijiyanto usai sosialiasi PPS kepada pengguna jalan di Jalan Sultan Trenggono.

Baca Juga: Jaminan Setia dan Anti Selingkuh! 6 Zodiak Ini Layak Dijadikan Pasangan, Salah Satunya Kamu?

Menurut penuturannya, program pengungkapan sukarela akan berakhir pada 30 Juni 2022 yang berarti tinggal 3 minggu.

PPS merupakan kebijakan pemerintah yang memberi kesempatan kepada wajib pajak untuk mengungkapkan harta kekayaan miliknya yang selama ini belum dilaporkan.

"DJP sudah mempunyai data para wajib pajak yang demikian, maka pemerintah memberi kesempatan kepada mereka untuk melaporkan secara sukarela," katanya.

Kebijakan PPS dibagi dalam dua bagian, yakni pada harta orang pribadi yang diberoleh sebelum tahun 2015 dan harta wajib pajak yang diperoleh tahun 2016-2020.

Baca Juga: Merinding! Begini Gambaran Sosok Penunggu Gerbang Lokasi KKN di Desa Penari, Om Hao: Tinggi Besar...

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Ini Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

Kamis, 24 November 2022 | 10:36 WIB
X