Mesin Pengemasan Kopi Bantuan dari PLN, Biar UMKM Naik Kelas

- Selasa, 31 Mei 2022 | 09:39 WIB
Mesin pengemasan kopi bantuan PLN. (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)
Mesin pengemasan kopi bantuan PLN. (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT PLN memberikan bantuan mesin pengemasan kopi hasil garapan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bangkit Mandiri di Desa Kalibogor, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal.

Mesin yang berasal dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) senilai Rp 86 juta itu terdiri dari mesin kemasan sachet ukuran 10-100 gram, 100-500 gram, dan mesin vacuum sealer.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT), Djarot Hutabri EBS, langkah tersebut diharapkan mampu membuat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas.

Baca Juga: Simak Yuk 6 Zodiak yang Bakal Meraih Keberuntungan, Selasa 31 Mei 2022

KUB Bangkit Mandiri sendiri yang beranggotakan 35 orang selama ini menjalankan usaha pengolahan dan pengembangan bubuk kopi robusta dan excelsa yang dirintis sejak tahun 2017.

Kelompok ini juga sudah memiliki produk kopi bubuk kemasan dengan merek Bagor Mas yang dipasarkan tidak hanya di Kendal namun juga merambah ke kota Semarang, Yogyakarta, hingga sejumlah di luar Jawa.

Bagi PLN, program pengembangan UMKM kopi daerah itu selaras dengan target pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga: Berikut 6 Shio yang Bakal Meraih Sukses di Bulan Juni 2022, Macan Pegang Kunci Rezeki

Terlebih, kopi merupakan salah satu komoditas hasil perkebunan yang mempunyai peran penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia.

“Di tengah maraknya bisnis kopi yang terus berkembang meski dalam kondisi pandemi Covid-19, kami tentu ingin industri kopi daerah makin berkembang. Bantuan mesin ini diharapkan makin meningkatkan daya jual sekaligus memperluas pemasaran produk kopi yang dijalankan oleh warga Desa Kalibogor," katanya dalam keterangannya, Senin (30/5/2022).

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hotel Ciputra Semarang Salurkan Beasiswa Pendidikan

Sabtu, 24 September 2022 | 20:31 WIB

Healing Time di Novotel Semarang Aja

Sabtu, 24 September 2022 | 15:21 WIB

Animo Masyarakat Tetap Tinggi Miliki Rumah Subsidi

Selasa, 20 September 2022 | 22:36 WIB
X