Pemkot Surakarta Gagas Rumah Produksi Bersama UMKM

- Senin, 30 Mei 2022 | 13:36 WIB
Halalbihalal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Surakarta di Museum Wahyu Tumurun, Minggu 29 Mei 2022. (suaramerdeka.com / dok Apindo)
Halalbihalal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Surakarta di Museum Wahyu Tumurun, Minggu 29 Mei 2022. (suaramerdeka.com / dok Apindo)

SOLO, suaramerdeka.com - Pemkot Surakarta mewacanakan pembangunan rumah produksi bersama bagi UMKM, selain mempercantik kemasan (packaging), membantu promosi, pembukaan jaringan, dan akses modal.

Wacana itu disampaikan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa ketika menyampaikan sambutan dalam halalbihalal yang digelar Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Surakarta di Museum Wahyu Tumurun, Minggu 29 Mei 2022.

"Banyak tempat produksi UMKM yang tempatnya kurang layak dan empet-empetan, dapur bercampur dengan kamar mandi. Nah, Pak Wali Kota merencanakan pembangunan rumah produksi UMKM bersama," kata Teguh.

Tempat pengemasan kaleng berbagai produk makanan UMKM, lanjut Teguh, juga sangat penting dihadirkan di Solo.

Baca Juga: Polri Masih Selidiki Otak Pembobol Rekening Nasabah, Masyarakat Diimbau Lebih Waspada

Menurut dia, selama ini pengemasan kaleng itu hanya bisa dilakukan di Gunung Kidul yang peralatannya milik LIPI.

"Kami sudah punya Solo Technopark, untuk alatnya, kita tinggal minta saja ke pusat. Mumpung wali kota kita itu spesial, anak presiden. Tidak masalah kalau kita minta ke pusat untuk kebutuhan masyarakat," tandas Teguh.

Dalam kesempatan itu, wawali juga mengingatkan para pengusaha yang tergabung dalam Apindo untuk membantu UMKM agar lebih berkembang dan naik kelas.

"Untuk maju bersama kita harus bersinergi dan kolaborasi," katanya.

Baca Juga: Lirik dan Chord Lagu 'Wayahe Hilang', Kolaborasi Endank Soekamti dan Ndarboy Genk

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dekopin Konsisten Beri Pendampingan UMKM dan Koperasi

Sabtu, 19 November 2022 | 15:05 WIB

KADIN Binus Luncurkan Program Pendampingan UMKM

Sabtu, 12 November 2022 | 06:15 WIB
X