Usulan Kebijakan Pelabelan BPA, KPPU Akan Cari Tahu Siapa yang Diuntungkan 

- Rabu, 11 Mei 2022 | 06:10 WIB
Ilustrasi galon guna ulang.(suaramerdeka.com / pixabay)
Ilustrasi galon guna ulang.(suaramerdeka.com / pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan mencari tahu apakah ada pihak yang diuntungkan revisi kebijakan Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan.

Jika ada pihak yang diuntungkan, revisi kebijakan BPOM itu berpotensi memunculkan persaingan yang tidak sehat terhadap pelaku usaha lain.

“Kita kan bisa menelisik nanti apakah ada pihak-pihak yang diuntungkan dari revisi kebijakan BPOM ini. Karena kan kalau kita lihat di pasar sendiri, hampir semua air minum dalam kemasan galon itu kan berbahan polikarbonat. Yang berbahan PET bisa dihitung dengan jari,” ujar Direktur Advokasi Kebijakan Publik KPPU, Abdul Hakim Pasaribu.

Untuk itu, kata Hakim, KPPU rencananya akan bertemu dengan BPOM pada Rabu 11 Mei 2022 untuk diskusi guna mendapatkan info lebih lanjut berkaitan dengan rencana penyusunan revisi peraturan itu.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 11 Mei 2022: Berawan Sepanjang Hari

“Kita sebenarnya mengundang BPOM via zoom hari Kamis 12 Mei 2022. Tapi mereka minta dimajukan haru Rabu 11 Mei 2022 di kantor mereka,” tutur Hakim.

Dia mengatakan KPPU ingin memastikan apakah revisi kebijakan BPOM itu dari aspek teknis memang betul-betul dibutuhkan.

Atau memang ada sesuatu unsur sebab musabab di balik peraturan tersebut.

“Itu juga perlu didapat masukan dari pakar ahlinya. Karena kami kan tidak memiliki keahlian di bidang kimia terkait dengan isu ini."

Baca Juga: Asmara Zodiak Hari Ini 11 Mei 2022 untuk Aries, Taurus dan Gemini, Yuk Dengar Apa Kata Ramalan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Belajar dari Kesuksesan IKEA di Indonesia

Kamis, 26 Mei 2022 | 14:38 WIB
X