Penuhi Kebutuhan Lebaran, Bank Indonesia Jawa Barat Siapkan Uang Tunai Rp 24,09 Triliun

- Selasa, 12 April 2022 | 08:48 WIB
Bank Indonesia Jawa Barat siapkan Rp 24,09 triliun untuk memenuhi kebutuhan jelang lebaran. (Ilustrasi/pixabay.com)
Bank Indonesia Jawa Barat siapkan Rp 24,09 triliun untuk memenuhi kebutuhan jelang lebaran. (Ilustrasi/pixabay.com)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat menyediakan uang tunai sebesar Rp 24,09 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

Jumlah tersebut, disebutkan Bank Indonesia Jawa Barat, termasuk untuk melayani penukaran uang pecahan kecil dan logam mengingat masyarakat memerlukannya guna bagi-bagi pada saat Lebaran.

Menurut Kepala Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto, jumlah uang tunai yang disediakan tersebut naik 5,64 persen dari kebutuhan serupa pada tahun sebelumnya.

"Secara keseluruhan, ketersediaan uang tunai di wilayah Jawa Barat sebenarnya mencukupi kebutuhan, bahkan mampu memenuhi 125 persen dari proyeksi kebutuhan masyarakat," katanya pada giat "Serambi Rupiah Ramadhan" berupa Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H di Kantor BI Bandung, Senin 11 April 2022.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 12 April: Karir Besar Menanti Aquarius, Kesehatan Capricorn Stabil

Kesiapan Bank Indonesia itu tak terlepas dari momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan tren Pandemi Covid-19 yang mulai terkendali.

Terlebih, kecenderungan permintaan uang selama bulan Ramadhan relatif terus mengalami peningkatan setiap tahunnya kecuali pada saat kasus Covid-19 mulai merebak dua tahun lalu.

Berdasarkan data Bank Indonesia Jabar antara 2018 hingga 2021, permintaan uang selama periode Ramadhan di wilayahnya rata-rata meningkat sebesar 10,91 persen.

Dengan mempertimbangkan peningkatan kebutuhan tersebut, pihaknya memperkirakan bahwa kebutuhan uang tunai di Jawa Barat pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idul Fitri mendatang mencapai Rp19,26 triliun.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 12 April 2022: Ada Godaan di Diet Scorpio, Waktunya Libra Berperilaku Romantis

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X