Lakukan Rekondisi Gistet Adipala, PLN Mampu Selamatkan Daya 660 MW

- Kamis, 24 Maret 2022 | 11:00 WIB
 PLN UIT JBT melakukan program strategis rekondisi Gistet Adipala 500 KV. (suaramerdeka.com / dok PLN)
PLN UIT JBT melakukan program strategis rekondisi Gistet Adipala 500 KV. (suaramerdeka.com / dok PLN)

CILACAP, suaramerdeka.com - Dalam mewujudkan semangat transformasi PLN khususnya untuk meningkatkan keandalan listrik di sisi transmisi, PLN UIT JBT melakukan program strategis rekondisi Gistet Adipala 500 KV.

Program tersebut merupakan bagian dari terobosan PLN dalam implementasi program transformasi anti blackout, sekaligus memastikan keandalan sistem kelistrikan dari kejadian padam keseluruhan sistem (blackout) ataupun pemadaman meluas (partial blackout).

Program strategis rekondisi Gistet Adipala 500 KV tersebut dilakukan PLN melalui penggantian Disconnecting Switch (DS) atau peralatan pemisah DS 7B4.2, dengan nilai investasi sebesar Rp 2,9 Miliar.

Disconnecting switch merupakan sebuah peralatan yang berfungsi untuk memperbesar fleksibilitas pengiriman daya dari pembangkit ke busbar.

Baca Juga: Primbon Jawa Bicara Jodoh Kamis Wage, Sebut 16 Weton Ini Cocok, Apa Saja Ya?

Penggantian peralatan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kerawanan subsistem Kesugihan.

Apabila tidak dilakukan penggantian dan kemudian terjadi gangguan, berpotensi menyebabkan energi rata-rata yang terkirim dari PLTU Cilacap sebesar 1 x 660 MW tidak dapat tersalurkan.

Subsistem Kesugihan sendiri memasok listrik ke pelanggan di daerah Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, Temanggung, Purworejo, sebagian Tegal dan Brebes.

Seperti diketahui, sebagai salah satu pembangkit yang menyumbang dari sepersepuluh daya listrik Se-Jawa & Bali, energi listrik dari pembangkit tersebut akan terlebih dahulu melewati Gistet atau Gas Insulated Substantion tegangan Ekstra Tinggi Adipala.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 24 Maret 2022: Kecelakaan Kecil Reyna Pantik Emosi Andin

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT RFB Catatkan Predikat Terbaik

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:56 WIB

Hilirisasi Baja Meningkat, Industri Logam Tumbuh Pesat

Kamis, 22 Desember 2022 | 12:12 WIB
X