Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor, BNI Beri Solusi Keuangan

- Jumat, 11 Maret 2022 | 09:14 WIB
BNI membantu pembiayaan modal kerja melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan total sebesar Rp1,7 miliar kepada pelaku UMKM di Kabupaten Temanggung. (foto: dok BNI)
BNI membantu pembiayaan modal kerja melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan total sebesar Rp1,7 miliar kepada pelaku UMKM di Kabupaten Temanggung. (foto: dok BNI)

SEMARANG, suaramerdeka.com - BNI Kantor Wilayah 05 bersama Pemprov Jawa Tengah dan FTA Center Semarang bersinergi mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Tengah untuk naik kelas dan mampu menembus pasar ekspor.

Salah satu bentuk stimulus bagi pelaku UMKM ini diwujudkan dalam penyelenggaraan pembinaan melalui Live Webinar dengan mengusung tema: Optimalisasi Peran UMKM Dalam Meningkatkan Ekspor Non Migas Jawa Tengah Tahun 2022.

Dukungan BNI ini tidak hanya terbatas dalam bentuk program pembinaan dan pendampingan, tetapi juga pembiayaan modal kerja, di mana pada kesempatan ini BNI kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan total sebesar Rp1,7 miliar kepada pelaku UMKM di Kabupaten Temanggung.

Baca Juga: Tanggal 11 Maret 2022 Masuk Weton Jumat Legi, Memeliki Deretan Sifat Buruk, di Antaranya Mudah Curiga

''BNI secara konsisten mendorong UMKM untuk tumbuh dan mampu mengembangkan bisnisnya melalui penyediaan solusi layanan perbankan lebih lengkap. Meski pandemi telah memukul banyak sektor, namun UMKM justru menunjukkan perbaikan kinerja yang lebih cepat serta menjadi motor pemulihan bagi ekonomi nasional,'' kata Pemimpin BNI Kantor Wilayah 05 Bambang Setyatmojo, Kamis (10/3).

Acara Live Webinar secara hibrid ini dilaksanakan di aula Progo Kantor Bappeda Kabupaten Temanggung dan dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati, Bupati Kabupaten Temanggung HM. Al Khadziq, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Arif Sambodo dan Ketua FTA Center Semarang Suharnomo.

Ema Rachmawati mengapresiasi kepada BNI Kantor Wilayah 05 dan FTA Center Semarang yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam membangun dan mengembangkan UMKM. Kerjasama ini menjadi wadah inkubasi UMKM untuk berkembang menuju pasar global.

Baca Juga: Tanggal 11 Maret 2022 Masuk Weton Jumat Legi, Punya Tipikal Jarang Mengeluh

''Semoga semakin banyak UMKM yang bisa kita kembangkan bersama untuk naik kelas menembus pasar ekspor,'' ujar Ema Rachmawati.

Webinar ini selain bertujuan agar pelaku UMKM memeroleh solusi pengelolaan keuangan, juga dapat meningkatkan kelas usahanya melalui akses pembiayaan perbankan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Produk Lokal Jadi Tantangan DaVinci Gourmet

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:56 WIB
X