Rencana Pengenaan PPN Terhadap Sembako, Pemerintah Diminta untuk Meninjau Kembali

- Senin, 14 Juni 2021 | 11:20 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin. (suaramerdeka.com / dok)
Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah berencana untuk mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas bahan-bahan kebutuhan pokok.

Rencana tersebut dikabarkan akan diatur dalam draf Rancangan Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP) yang telah disampaikan pemerintah kepada DPR RI.

Menanggapi wacana tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin menilai bahwa rencana pengenaan PPN terhadap barang kebutuhan pokok ini perlu ditinjau kembali.

“Rencana pengenaan PPN ini perlu ditinjau kembali karena dapat berdampak langsung bagi masyarakat dengan meningkatnya harga bahan pangan dan menurunkan konsumsi.”

Baca Juga: Ekonomi Digital Indonesia Miliki Potensi, Ini yang Harus Ditingkatkan

“Jika demikian, maka dikhawatirkan pula akan memengaruhi proses pemulihan ekonomi karena konsumsi rumah tangga adalah kontributor terbesar bagi perekonomian, yaitu sebesar 57,6 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).”

“Jangan sampai rencana ini justru malah kontraproduktif dengan upaya pemulihan daya beli masyarakat yang saat ini masih menjadi fokus kita bersama,” jelas Puteri dalam keterangan persnya.

Untuk diketahui, saat ini Surat Presiden (Surpres) terkait RUU KUP telah dikirimkan kepada DPR RI. Namun, Puteri menyebut bahwa Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI belum melakukan pembahasan terkait RUU ini.

“Pada Rapat Paripurna pun belum dibacakan atau disampaikan terkait surat tersebut maupun penugasan pembahasan RUU kepada AKD tertentu.”

Baca Juga: Sembilan Mahasiswa DKV ISI Surakarta Lolos Pendanaan KBMI 2021

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Kaliwungu jadi Percontohan Penerapan QRIS

Kamis, 25 November 2021 | 16:49 WIB

Faskes di Tanah Air Bisa Bersaing dengan Negara Maju

Kamis, 25 November 2021 | 14:25 WIB
X