Resmikan Tiga Pasar Rakyat di Jawa Tengah, Mendag Berharap Terjadi Pergerakan Ekonomi Daerah

- Rabu, 23 Februari 2022 | 16:52 WIB
Kemendag resmikan tiga pasar di jawa tengah. (Dok. Humas Kemendag)
Kemendag resmikan tiga pasar di jawa tengah. (Dok. Humas Kemendag)

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Luthfi tengah mendorong revitalisasi pasar rakyat yang merupakan merupakan penggerak ekonomi di daerah.

Hal ini direalisasikan Mendag Luthfi dengan meresmikan tiga pasar rakyat di Provinsi Jawa Tengah pada Selasa 22 Februari 2022.

Ketiga pasar yang diresmikan ialah Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang di Kebumen, serta Pasar Purworejo di Purworejo. 

Baca Juga: Ingin Mengembangkan Usaha? Simak 6 Tips Mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari OJK

Menurutnya revitalisasi pasar akan menjadi sentra kearifan lokal dan sentra penggerak ekonomi suatu daerah. 

“Kegiatan revitalisasi pasar tidak hanya bicara tentang memperbaiki dan merawat pasar rakyat. Kita bicara tentang revitalisasi sentra kearifan lokal dan sentra penggerak ekonomi di daerah dengan perbaikan pasar tersebut. Hal yang kita perlukan adalah bagaimana pasar mendekatkan pedagang dengan pembeli,” kata Mendag Lutfi. 

Selain Mendag Luthfi, peresmian ketiga pasar tersebut dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Direktur Utama BRI Sunarso Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto, dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana. 

Baca Juga: Pipa Mesin Pabrik Kimia di Cilegon Meledak, Satu Karyawan Terluka

Selain itu, pada peresmian Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang di Kebumen hadir Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, dan pada peresmian Pasar Purworejo di Purworejo hadir Bupati Purworejo Agus Bastian.

Saat meresmikan Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang di Kebumen, Mendag Lutfi berharap masyarakat Kebumen dapat mengelola dan memelihara dengan baik kedua pasar tersebut. 

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Artikel Terkait

Terkini

Produk Lokal Jadi Tantangan DaVinci Gourmet

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:56 WIB
X