Geluti Tegel Klasik, Usaha Mempertahankan Warisan Kekayaan Bangsa

- Minggu, 13 Juni 2021 | 21:43 WIB
Winarno menunjukkan produk usaha kreatifnya berupa tegel klasik yang selain unik, menarik, dan bernilai seni, juga dapat mempertahankan warisan kekayaan bangsa.
Winarno menunjukkan produk usaha kreatifnya berupa tegel klasik yang selain unik, menarik, dan bernilai seni, juga dapat mempertahankan warisan kekayaan bangsa.

 

MAGELANG, suaramerdeka.com - Usaha pembuatan tegel klasik di Indonesia tergolong tak banyak, terutama di Magelang.

Dari yang langka itu muncul nama Winarno (48), pengusaha asal Muntilan Kabupaten Magelang yang sejak sembilan tahun lalu mulai menggeluti tegel klasik.

Karena langka, produknya pun diburu masyarakat yang meminati tegel klasik baik bermotif maupun polos. Meski tak selalu mulus, tapi usahanya terus berkembang dan menemui titik tertinggi di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Anji eks Drive Ditangkap Konsumsi Ganja

Ditemui di rumah produksinya Win Art Solution, Winarno mengatakan, tegel klasik sempat ngetren d jamannya dan sekarang mulai populer lagi.

Perkantoran, hotel, kafe, kedai, dan rumah-rumah sekarang kembali melirik tegel jadul. Penggunaan tegel klasik pun menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung, karena dinilai unik, menarik, dan bernilai seni.

"Tegel zaman dulu mungkin terkenalnya tegel berwarna semen/abu-abu. Semakin ke sini semakin berkembang. Jadi, tidak hanya abu-abu, tetapi polos warna dan motif dengan banyak varian motifnya,” ujarnya.

Baca Juga: Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan, KH Nawawi Abdul Jalil Meninggal Dunia

Win bercerita, awal mulai membuka usaha ini terinspirasi banyaknya peminat di pasaran. Kala itu ia bekerja di proyek bangunan dan melihat banyak yang suka dengan tegel klasik. Bahkan, ia sendiri sangat menggemari tegel klasik ini, sehingga sangat membantu jalannya usaha tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X