Rizal Ramli: Lebih Baik Pemerintah Fokus ke Masalah Utang daripada Menaikkan PPN

- Minggu, 13 Juni 2021 | 13:56 WIB
Rizal Ramli (Foto Istimewa) (Nugroho Wahyu Utomo)
Rizal Ramli (Foto Istimewa) (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pakar Ekonomi Rizal Ramli mengatakan, bahwa lebih baik pemerintah fokus ke masalah pembayaran utang daripada menaikkan PPN untuk sembako dan pendidikan.

Sebab permasalahan utama yang dimiliki Indonesia adalah kewajiban membayar bunga utang mencapai Rp 273 triliun per tahun.

“Caranya gimana? Lakukan langkah-langkah dong, terobosan, supaya kewajiban bunga itu bisa dipotong menjadi setengahnya,” kata Rizal, seperti yang dikutip dari kanal youtube Karni Ilyas Club, minggu, 13 Juni 2021.

Baca Juga: Desa Wisata Diharapkan Berkontribusi Tinggi dalam Pemulihan Ekonomi Era Kenormalan Baru

Menurut Rizal, pemotongan bunga utang itu mungkin dilakukan.

Rizal mengisahkan, saat menjabat sebagai Menko Perekonomian di era Presiden Gusdur, dia melakukan tukar utang dengan hutan.

“Waktu itu sama Jerman, Jerman tukang pengkritik Indonesia. ‘Perusak lingkungan! Mengganggu paru-paru dunia!’,” ucap Rizal Ramli.

Baca Juga: Banyaknya Kawasan Industri di Jateng, Peluang Pengusaha Logistik untuk Tumbuh

Dia mengatakan dirinya bertemu dengan Menteri Keuangan Jerman pada saat itu, dan menawarkan solusi win-win.

“Saya ketemu sama Menteri Keuangan Jerman, ‘Jangan gitu deh, kita win-win. Saya sediakan 300 ribu hektare hutan di Kalimantan untuk konservasi, kamu potong utang Indonesia 600 juta dolar.’ Kita lakukan dalam 5 tahap, dia setuju,” tutur Rizal Ramli.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X