Citilink Buka Penerbangan ke Purbalingga, Menhub Dorong Koordinasi Intensif

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:48 WIB
RESMI BEROPERASI: Pesawat ATR-72 milik Citilink melakukan uji coba pendaratan dari Surabaya ke Bandara JB Soedirman Purbalingga, Selasa (1/6). (suaramerdeka.com / Ryan Rachman)
RESMI BEROPERASI: Pesawat ATR-72 milik Citilink melakukan uji coba pendaratan dari Surabaya ke Bandara JB Soedirman Purbalingga, Selasa (1/6). (suaramerdeka.com / Ryan Rachman)

PURBALINGGA, suaramerdeka.com –  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi maskapai Citilink yang telah melayani penerbangan dari dan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga ke Jakarta dan Surabaya.

Menhub mendorong para pihak melakukan koordinasi intensif untuk terus berupaya meningkatkan pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Jenderal Besar Soedirman ini.

“Saya minta Ditjen Perhubungan Udara, AP II, maskapai, dan Pemda berkoordinasi intensif untuk terus berupaya meningkatkan pergerakan pesawat dan penumpang di bandara ini, paling tidak di atas 80 persen.”

”Misalnya dengan membuka penerbangan di hari Jumat, Senin, dan Minggu untuk menarik masyarakat yang akan berlibur ke Purbalingga,” tutur Menhub saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau bandara itu Jumat (11/6).

Baca Juga: Rotasi Perwira Polres Kebumen, Kompol Edi Wibowo Jabat Wakapolres

Saat ini Citilink melayani dua penerbangan dalam seminggu pada Kamis dan Sabtu dengan rute perjalanan Halim-Purbalingga-Halim dan Surabaya-Purbalingga-Surabaya.

Soal Bandara JB Soedirman, Menhub menyampaikan pembangunan bandara tersebut merupakan inisiatif dari Presiden sejak 2016 dan pembangunan bandara sempat tertunda saat pandemi Covid-19.

Namun dengan kolaborasi yang baik antarstakeholder dapat menemukan solusi yang baik. Bandara itu beroperasi 1 Juni 2021 dan penerbangan komersial perdana bandara itu mulai 3 Juni 2021.

“Saya berkomunikasi dengan Gubernur Jateng dan Bupati Purbalingga untuk mencari jalan keluar. Akhirnya kami menemukan suatu format untuk membangun terminal penumpang sementara yang dibiayai oleh APBD, sehingga bandara ini dapat beroperasi,” kata Menhub.

Baca Juga: Bappenas Gelar Rapat Tingkat Menteri, Bahas Pembangunan Desa Hingga Target Pembangunan 2022

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Artikel Terkait

Terkini

X