Perluasan Akses Pasar Hasil Pertanian, Kunci Perkuat Ketahanan Pangan

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 10:36 WIB
Lahan pertanian. (suaramerdeka.com / dok)
Lahan pertanian. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdek.com - Membuka akses pasar yang lebih luas bagi hasil petani merupakan kebijakan yang perlu diprioritaskan pemerintah bila ingin memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani/nelayan.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Aditya Alta menyarankan agar bantuan pemerintah untuk tahun 2021 diprioritaskan untuk mendukung penyerapan hasil pertanian di dalam negeri

“Pada saat ini prioritas petani lebih kepada pemasaran hasil panen,” ujar Aditya mengomentari komitmen pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani/nelayan seperti yang ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di awal bulan ini,.

Ia pun menambahkan bahwa yang sebaiknya dipertimbangkan adalah membantu akses pasar petani terutama untuk produk segar seperti sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga: Pembangunan 4 Venue PON Papua Selesai, Diserahterimakan ke Pemprov

Agar hasil pertanian dapat diserap secara optimal, diperlukan peningkatan infrastruktur subsektor pendukung seperti transportasi dan pergudangan serta perdagangan ritel, mendorong kemitraaan dengan penjamin (offtaker) dan di sisi konsumen, meningkatkan daya beli mereka.

Pertanian merupakan salah satu sektor yang masih mampu memperlihatkan laju pertumbuhan positif di saat pandemi dengan pertumbuhan sebesar 2,15 persen year-on-year (YoY) dalam triwulan pertama tahun 2021 ini.

Ekspor sektor pertanian juga memperlihatkan pertumbuhan 16,2 persen (YoY) dan 20,8 persen month-to-month (MtM) dengan nilai ekspor sebesar USD 0,4 persen, atau tiga persen dari total ekspor Indonesia.

Baca Juga: Wacana Pajak Sembako, Pemerintah Diminta Hati-hati

Pada awal bulan ini,  Airlangga menegaskan komitmen pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani/nelayan lewat stimulus ekonomi. 

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Optimis Konsisten, Tren Kiprah Investor Muda Melambung

Minggu, 17 Oktober 2021 | 06:40 WIB

KPR Danamon Raih Properti Indonesia Award 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:12 WIB
X