Hadapi Rentenir di Pasar Tradisional Perlu Pola Tepat, Perbankan Diminta Buka Akses

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 08:48 WIB
Pembukaan media corner di Kantor OJK Jalan Dago Bandung, Jumat 28 Januari 2022. (suaramerdeka.com / Setiady Dwi)
Pembukaan media corner di Kantor OJK Jalan Dago Bandung, Jumat 28 Januari 2022. (suaramerdeka.com / Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Upaya memberantas keberadaan rentenir memang tak mudah, karena meski bunga tinggi, tak jarang masih ada peminatnya terutama di pasar tradisional.

Menurut Kepala Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono, pihaknya sebenarnya sudah mendorong kalangan perbankan supaya membuka akses keuangan bagi pedagang untuk memberantas rentenir.

Hanya saja, pihaknya pun menyadari bahwa langkah memberantas rentenir dan membuka akses keuangan tersebut tak mudah, karena kehadiran pihak-pihak yang mempunyai kekuatan di lapangan yang tak berkenan dengan perubahan tersebut.

"Perlu pilot project dulu sepertinya, sehingga bisa dibuat polanya," katanya di sela-sela pembukaan media corner di Kantor OJK Jalan Dago Bandung, Jumat 28 Januari 2022.

Baca Juga: Polres Kendal Musnahkan 359 Knalpot Brong

Hal itu merujuk pada temuannya atas praktik-praktik pemberian pinjaman dari rentenir ke pedagang di jam-jam yang tak umum.

Ada pula temuan lain bahwa ternyata pedagang justru cenderung tak mempermasalahkannya.

"Mereka datang ke pasar untuk yang perlu duit itu jam 2 atau 3, (bunganya) bisa 20-30 persen, bahkan bisa dikembalikan dalam satu hari, malamnya dibayar, tak masalah," jelasnya.

Atas kondisi tersebut, Indarto kemudian menyampaikannya ke bank terutama BPR di wilayahnya supaya bisa membuka layanan guna menghadirkan pilihan dengan kredit ringan di pasar.

Baca Juga: 29 Januari Masuk Weton Sabtu Kliwon, Ini Rahasia Menurut Primbon Jawa

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X