Jaga Keandalan Pasokan Listrik, PLN Lakukan Perbaikan Trafo

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 06:15 WIB
Pegawai PLN melakukan perbaikan trafo untuk memitigasi gangguan non system fault di GI Kesugihan, Cilacap (suaramerdeka.com / dok PLN)
Pegawai PLN melakukan perbaikan trafo untuk memitigasi gangguan non system fault di GI Kesugihan, Cilacap (suaramerdeka.com / dok PLN)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - PT PLN (Persero) terus berupaya memastikan sistem ketenagalistrikan di sistem transmisi tetap terjaga keandalannya dalam memasok listrik untuk melayani pelanggannya.

Salah satunya melaksanakan perbaikan trafo untuk memitigasi gangguan non system fault (NSF) dan pengujian ulang tangen delta bushing trafo-1 60 MVA di GI Kesugihan, Kabupaten Cilacap.

"Kami berusaha meminimalisasi potensi risiko akibat gangguan NSF. Gangguan ini dapat diakibatkan karena pengaruh musim hujan atau potensi lain pada gangguan sistem trafomator," kata Manager Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) UPT Purwokerto, Cucu Purwoko, Jumat 28 Januari 2022.

Baca Juga: Viral Gara-gara Joget NCT Dream, Ini Lirik Lagu dan Chord 'Mendung Tanpo Udan'

Menurut dia, tindakan preventif dengan meminimalisasi risiko yang dilakukan dapat mengurangi padam trafo, sehingga energi yang disalurkan dari tegangan tinggi dan tegangan menengah tetap terjaga.

"Dengan demikian, pasokan listrik ke pelanggan dari tegangan tinggi ke tegangan menengah dan ke tegangan rendah itu dapat maksimal, sehingga kepuasan pelanggan bisa kita capai," katanya.

Dia menambahkan pekerjaan perbaikan trafo untuk memitigasi gangguan NSF dilakukan dengan kolaborasi dengan tim bagian distribusi.

Baca Juga: Ceritakan OCD Ekstrem yang Dialami, Aliando Syarief: Mandi Pun Gue Harus Hitungin Rambut

Pekerjaan mitigasi gangguan ini tidak hanya fokus saat musim penghujan saja, namun pada musim kemarau.

Tindakan preventif ini sebelumnya telah dilakukan dengan memetakan tren gangguan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X