Pemerintah Dorong Operasi Pasar, Sikapi Kenaikan Harga Komoditas Bahan Pangan

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:24 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam operasi pasar di Pasar Wonokromo, Surabaya. (suaramerdeka.com / ekon.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam operasi pasar di Pasar Wonokromo, Surabaya. (suaramerdeka.com / ekon.go.id)

SURABAYA, suaramerdeka.com - Pemerintah tetap berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah antisipasi guna memastikan ketersediaan bahan pangan dan menjaga harga bahan pangan dapat terjangkau oleh masyarakat

Hal ini tak lepas dari kenaikan harga beberapa bahan pangan saat ini seperti beras, bawang putih, minyak goreng, dan daging ayam ras.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, keseriusan Pemerintah dalam menjaga stabilitas harga pangan salah satunya adalah dengan masuknya ketahanan pangan dalam Agenda Pembangunan Nasional tahun 2022-2024.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 15 Januari 2022: Andin Minta Irvan Tak Balas Dendam ke Keluarga Aldebaran

“Sebagai rangkaian dari sejumlah langkah nyata yang dikerjakan oleh Pemerintah, adalah operasi pasar dengan melibatkan berbagai stakeholder untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat," kata Airlangga, di Pasar Wonokromo, Kamis, 13 Januari 2022.

"Dalam operasi pasar ini, kami juga mengecek harga bahan pangan untuk mendukung kebijakan Pemerintah, terutama dalam menekan harga minyak goreng ke 14.000 rupiah. Operasi pasar kali ini juga dilengkapi dengan komoditas lain seperti beras, telur, cabai, dan bawang, termasuk gula pasir,” tutur Menko Airlangga 

Selanjutnya, terkait dengan upaya menjaga stabilitas harga bahan pangan diantaranya telah diwujudkan Pemerintah dalam pengambilan kebijakan pada komoditas minyak goreng.

Baca Juga: Migrasi TV Digital: Mau Beli Set Top Box? Ikuti 4 Tips dari Kemenkominfo

Airlangga berharap mudah-mudahan minggu depan sudah lebih banyak lagi minyak dengan harga 14.000 ribu rupiah per liter

Selain menjaga stabilitas harga pangan, Pemerintah juga mendorong digitalisasi pasar dengan penggunaan transaksi non tunai di pasar tradisional.***

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X