Pangsa Sangat Besar, Pemerintah Dorong Optimalisasi Pertumbuhan Industri Kreatif

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:24 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (suaramerdeka.com /ekon.go.id)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (suaramerdeka.com /ekon.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia merupakan pangsa yang sangat besar untuk konten-konten industri kreatif digital.

Pemerintah akan terus konsisten mendukung pertumbuhan industri kreatif dan menjadikannya sebagai salah satu sektor yang bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Soal industri kreatif digital itu, diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara virtual pada acara Wayang Youth Festival, Kamis, 13 Januari 2022.

Baca Juga: Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Fico Fachriza Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara

“Untuk itu, saya sangat mengapresiasi sekali acara Wayang Youth Festival untuk membangkitkan industri kreatif Indonesia yang sekaligus menanamkan kebanggaan bagi anak muda kita untuk menciptakan karya yang memiliki nafas, identitas, dan budaya asli Indonesia sehingga kita tampil berbeda dari konten luar negeri."

"Terlebih Wayang Kulit Indonesia telah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia yang Mengagumkan, hal ini perlu kita angkat terus dan kita lestarikan,” ujar Airlangga.

Menurut data We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 202,6 juta jiwa atau 73,7 persen dari populasi dan 98,5 persen dari jumlah tersebut menonton video online.

Saat ini terdapat sekitar lebih dari 8,2 juta jumlah usaha kreatif di Indonesia yang didominasi usaha kuliner, fashion, dan kriya.

Baca Juga: Gempa 6,6 Banten, BPBD Catat 2 Rumah di Sukabumi Rusak

Selain itu, terdapat 4 sub sektor ekonomi kreatif dengan pertumbuhan tercepat yaitu film, animasi, dan video, seni pertunjukan, dan desain komunikasi visual.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X