Harga Emas Menguat, Terangkat Permintaan Logam Safe-Haven

- Rabu, 5 Januari 2022 | 08:48 WIB
Harga emas melonjak terangkat permintaan logam safe-haven (Linda Hamilton - Pixabay)
Harga emas melonjak terangkat permintaan logam safe-haven (Linda Hamilton - Pixabay)

CHICAGO, suaramerdeka.com - Permintaan logam safe-haven mengangkat emas di mana harganya menguat pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB).

Permintaan logam safe-haven termasuk emas, terdorong kekhawatiran atas lonjakan kasus varian virus corona Omicron yang dapat mengancam pemulihan ekonomi global di tengah data ekonomi AS yang mengecewakan.

Untuk pengiriman Februari, kontrak emas paling aktif di divisi Comex New York Exchange, terangkat 14,5 dolar AS atau 0,81 persen menjadi ditutup di 1.814,60 dolar AS per ounce.

Awal pekan ini emas berjangka menguat 8,3 dolar AS atau 0,46 persen menjadi 1.814,10 dolar AS.

Baca Juga: Rezeki Weton Rabu Legi Terbilang Baik, Begini Penjelasan Singkatnya

"Tahun ini dimulai dengan rekor tertinggi baru untuk pasar ekuitas AS, tetapi karena sulit untuk menentukan apakah kenaikan beruntun ini akan berlanjut, investor sudah mulai kembali ke aset-aset yang aman. Dampak Omicron akan paling terasa di sisi inflasi dan pemulihan ekonomi," kata Ed Moya, analis pasar senior di broker OANDA.

Dukungan tambahan kepada emas juga ada karena investor bereaksi terhadap data yang dikumpulkan Universitas Johns Hopkins.

Amerika Serikat mencatat 1.083.948 kasus infeksi Covid-19 awal pekan ini, lebih dari dua kali lipat rekor sebelumnya 486.428 yang ditetapkan empat hari lalu.

Beberapa negara bahkan telah memberlakukan pembatasan baru untuk mengatasi lonjakan kasus yang didorong oleh varian baru.

Baca Juga: Berdasarkan Primbon Jawa, Ini Rahasia Weton Rabu Legi yang Jatuh pada 5 Januari 2022

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X