Wacana Penghapusan Premium dan Pertalite, Pakar UGM: Perlu Disosialisasikan dan Didukung Bersama

- Jumat, 31 Desember 2021 | 08:00 WIB
Ilustrasi pengisian bahan bakar Pertalite dan Premium (Pixabay/IADE-Michoko)
Ilustrasi pengisian bahan bakar Pertalite dan Premium (Pixabay/IADE-Michoko)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Wacana penghapusan bahan bakar jenis Premium dan Pertalite yang mengemuka beberapa waktu belakangan mendapat sambutan baik Kepala Pusat Studi Energi UGM, Prof. Dr. Eng. Deendarlianto, S.T., M.Eng.

Dikatakan, rencana kebijakan penghapusan Premium dan Pertalite juga sejalan dengan upaya pemerintah mengurangi emisi, termasuk pada sektor transportasi.

Sebelumnya, dampak terhadap lingkungan menjadi salah satu pertimbangan yang penting untuk mendorong konsumsi bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi sehingga memunculkan opsi penghapusan Premium dan Pertalite.

“Kalau mengacu pada perencanaan energi nasional ke depan saya pikir rencana pemerintah untuk mulai menghilangkan secara perlahan-lahan Premium dan Pertalite cukup baik, itu perlu disosialisasikan dan didukung bersama oleh semua komponen masyarakat,” terangnya.

Baca Juga: Alami Kebakaran Kamis Petang, Berikut Profil dan Sejarah Berdirinya RSUP dr Kariadi

Menurut berbagai sumber, pemerintah dikabarkan akan mengeluarkan kebijakan penghapusan BBM jenis Premium di tahun 2022, dan mulai mendorong peralihan menuju konsumsi bahan bakar jenis Pertamax yang lebih ramah lingkungan.

Dilansir dari laman resmi UGM, Deendarlianto mengungkapkan, proses transisi menuju konsumsi bahan bakar yang lebih ramah lingkungan sebenarnya telah dimulai sejak peluncuran Pertalite pada tahun 2015 silam.

“Masyarakat sudah digiring untuk berganti dari Premium ke Pertalite, dan ternyata itu berhasil. Orang-orang mulai sadar akan pengaruh terhadap mesin, dan pengaruh terhadap lingkungan juga semakin menjadi pertimbangan,” katanya.

Dilihat dari struktur penjualan BBM, pengguna Premium memang semakin lama semakin berkurang, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM yang lebih berkualitas.

Baca Juga: Ada Oknum Polisi Menyimpang, Lapor Lewat Aplikasi Propam Presisi dan Berbagai Hotline

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X