Ekonomi Jateng Diproyeksikan Tumbuh 5 Persen pada 2022

- Selasa, 28 Desember 2021 | 18:43 WIB
Pengamat Ekonomi Undip, FX Sugiyanto. (suaramerdeka.com/dok)
Pengamat Ekonomi Undip, FX Sugiyanto. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Perekonomian Jawa Tengah tahun depan diprediksikan terus bertumbuh hingga 5 persen.

Optimisme tersebut mengemuka dalam Focus Group Discussion (FGD) OUTLOOK Ekonomi Jawa Tengah 2022, Proyeksi, Peluang, dan Tantangan yang diselenggarakan Biro Ekonomi Sekretariat Daerah Jateng, Selasa (28/12).

"Harus diakui memang tren naik. Artinya kalau tidak ada satu hal luar biasa, tren ini masih berjalan pada 2022. Ini semakin meyakinkan kita. Kwartal tiga ini ekonomi kita terus membaik, dan saya yakin. Kita optimis saat ini masih proses recovery," papar Pakar Ekonomi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, FX Sugiyanto.

Hanya saja lanjut dia, saat ini sedang proses recovery menuju pada kondisi awal saat resesi. Dalam delapan kwartal ini, harus diakui terjadi stagnasi.

Baca Juga: Menghilangkan Bau Apek pada Helm, Cara Nomor 4 Paling Praktis 

"Konsumsi perkapita stagnan, belanja tidak naik, cenderung turun. Inflasi baik, namun tidak menguntungkan. Kwartal tiga tahun ini belum pulih. Ini masa penyembuhan. Jangan digenjot cepet-cepet," katanya.

Kepala Biro Perekonomian Eddy Sulistiyo Bramiyanto saat mengawali FGD menuturkan bahwa saat ini daya beli masyarakat memang belum pulih. Tingkat konsumsi masyarakat juga belum normal.

"Diperlukan daya ungkit untuk menstimulasi peningkatkan daya beli dan konsumsi masyarakat untuk mempercepat pemulihan ekonomi Jateng," katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno, menyatakan bahwa pemerintah terus mendorong masuknya investasi.

Baca Juga: Harga Kedelai di Jateng Melonjak, Perajin Tempe Resah, Bisa Tutup Usahanya

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X