Perdagangan Bebas Pacu UMKM Lebih Kompetitif, Harus Jeli Lihat Peluang

- Jumat, 17 Desember 2021 | 11:46 WIB
Ketua Alisa ICMI Jawa Tengah sekaligus Wakil Ketua Kadin Kota Semarang, Zhakiah Joban dalam kuliah Ekonomi Koperasi dan UKM di Jurusan Ekonomi Pembangunan Unnes. (suaramerdeka.com / dok Unnes)
Ketua Alisa ICMI Jawa Tengah sekaligus Wakil Ketua Kadin Kota Semarang, Zhakiah Joban dalam kuliah Ekonomi Koperasi dan UKM di Jurusan Ekonomi Pembangunan Unnes. (suaramerdeka.com / dok Unnes)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Era perdagangan bebas dinilai akan memacu sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk lebih berkompetisi.

Ketua Asosiasi Muslimah Pengusaha (Alisa) ICMI Jawa Tengah sekaligus Wakil Ketua Kadin Kota Semarang, Zhakiah Joban menilai, UMKM harus jeli dalam melihat ruang peluang permintaan produk dari luar negeri.

"UMKM harus tahu prosedur ekspor dan harus mau belajar untuk itu," kata Zhakiah Joban dalam memberikan perkuliahan pada mata kuliah Ekonomi Koperasi dan UKM di Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Semarang (Unnes), belum lama ini.

Pada perkuliahan ini, Zhakiah menjelaskan peluang dan hambatan UKM dalam perdagangan bebas.

Baca Juga: Jennie dan Rosé BLACKPINK Beri Dukungan Manis untuk Jisoo dan Snowdrop

Ia juga memotivasi mahasiswa agar tidak gentar menghadapi globalisasi.

Zhakiah mencontohkan saat melakukan promosi produk UKM yang ia miliki di negara lain pada saat tahun 1990 dan saat sekarang.

Adanya kemajuan teknologi membuat biaya promosi produk saat ini menjadi lebih terjangkau dibandingkan dahulu.

"Dahulu jika ingin menembus pangsa ekspor harus melakukan pameran di luar negeri. Saat ini tinggal promosi di sosial media yang biayanya jauh lebih terjangkau dan mencakup ke seluruh negara di dunia," ujarnya saat menanggapi pertanyaan mahasiswa mengenai biaya promosi.

Baca Juga: Etika Berkendaraan Diusulkan Masuk Kurikulum Sekolah

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X