Harga Minyak Naik Sekitar 2 Persen, Didukung Sejumlah Faktor

- Jumat, 17 Desember 2021 | 10:00 WIB
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)

NEW YORK, suramerdeka.com - Harga minyak naik sekitar dua persen pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB) seiring sejumlah faktor.

Faktor kenaikan harga minyak di antaranya rekor permintaan tersirat AS, penurunan stok minyak mentah, dan prospek ekonomi yang optimis dari Federal Reserve mengalahkan kekhawatiran Omicron yang merugikan konsumsi global.

Untuk pengiriman Februari, minyak mentah Brent terangkat 1,14 dolar AS atau 1,5 persen, menjadi menetap di 75,02 dolar AS per barel.

Untuk pengiriman Januari, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS melonjak 1,51 dolar AS atau 2,1 persen, menjadi ditutup di 72,38 dolar AS per barel.

Baca Juga: Apa itu Passive Income: Arti dan Cara Mendapatkan

Setelah The Fed memberikan prospek ekonomi yang optimis, minyak mentah dan aset-aset berisiko lainnya seperti ekuitas juga mendapat dorongan sekaligus mengangkat semangat investor bahkan ketika bank sentral AS menandai berakhirnya stimulus moneter yang telah lama ditunggu-tunggu.

"Pasar takut dengan apa yang akan dilakukan The Fed, dan sekarang setelah melihat ke belakang dan kami tahu apa yang kami hadapi, pasar sedang reli," kata Phil Flynn, analis senior kelompok harga berjangka di Chicago, dikutip dari Reuters.

Permintaan telah meningkat pada tahun 2021 setelah keruntuhan tahun lalu. Pada Rabu (15/12/2021), Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan produk yang dipasok oleh kilang-kilang, proksi untuk permintaan, melonjak dalam minggu terakhir menjadi 23,2 juta barel per hari (bph).

"Angka-angka ini menunjukkan latar belakang ekonomi yang sehat," kata Tamas Varga dari pialang minyak PVM.

Baca Juga: Omicron Masuk Indonesia, Presiden: Jangan Sampai Terjadi Penularan Lokal

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X