Jateng Terbaik dalam Pemberdayaan UMKM, Implementasikan Perluasan Akses Keuangan di Daerah

- Kamis, 16 Desember 2021 | 18:00 WIB
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yain Maimoen (kanan). (Dok. OJK)
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yain Maimoen (kanan). (Dok. OJK)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Provinsi Jawa Tengah berhasil menjadi yang terbaik dalam program pemberdayaan UMKM yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Provinsi Jawa Tengah dinilai telah berhasil mengimplementasikan program perluasan akses keuangan di daerah.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso kepada Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dalam Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) 2021dan TPAKD Award di Jakarta, Kamis, 16 Desember 2021. 

TPAKD menginisiasi berbagai program pemberdayaan UMKM, antara lain melalui digitalisasi UMKM seperti program KurBali.Com, UMKM Bangkit, UMKM Go Export, UMKM Naik Kelas dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kejuaraan Bridge Piala Wakil Wali Kota Salatiga Siap Digelar
 
Selain Provinsi Jawa Tengah, ada empat provinsi yang juga menjadi terbaik yaitu Provinsi Lampung sebagai Provinsi Terbaik dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Pertanian.

Provinsi Jawa Barat sebagai Provinsi Terbaik dalam Implementasi Pembiayaan Melalui Pola Kemitraan. 

Provinsi Sumatera Utara sebagai Provinsi Terbaik dalam Penyediaan Ragam Akses Keuangan dan Provinsi DKI Jakarta sebagai Provinsi Terbaik dalam Inovasi Pengembangan Program Inklusi Keuangan di Wilayah Perkotaan. 

Menurut Wimboh, keberadaan TPAKD juga sangat penting dalam menyerap program-program yang dikeluarkan Pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi seperti program KUR untuk mendorong kemajuan UMKM.

Baca Juga: Al Quran Surat At Tin, Lengkap Teks Arab, Latin dan Terjemah Bahasa Indonesia

OJK terus mendorong penyaluran KUR ini. Kemarin kami telah bertemu dengan pimpinan perbankan membahas agar target KUR tahun ini Rp285 triliun bisa tercapai. Dan saya yakin sampai akhir tahun angka itu bisa tercapai,” katanya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X