BEI Kenalkan 'Paham, Punya, dan Pantau', Edukasi Cara Investasi yang Benar

- Kamis, 16 Desember 2021 | 16:54 WIB
(suaramerdeka.com /dokumentasi idxchannel.com)
(suaramerdeka.com /dokumentasi idxchannel.com)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengenalkan pesan edukasi pasar modal “Paham, Punya, dan Pantau” untuk mengedukasi masyarakat secara luas tentang cara investasi yang benar.

Pesan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat tentang cara investasi yang benar seiring dengan peningkatan signifikan dari jumlah investor baru pasar modal Indonesia.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, pesan Paham, Punya, dan Pantau masing-masing memiliki muatan cara-cara berinvestasi yang dapat menjadi pedoman bagi calon investor ketika memulai berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Baca Juga: Cek! Weton Ini Bakal Kaya Raya dan Berjaya di Usia 40 Tahun ke Atas

“Paham dalam berinvestasi itu harus menggunakan dana lebih, paham kesesuaian profil risiko produk investasi dengan profil risiko dari masing-masing investor, dan paham tujuan investasinya,” kata Hasan, Rabu, 15 Desember 2021.

Lalu pesan Punya dimaksudkan bahwa, memiliki produk investasi saat ini sudah lebih mudah serta murah, namun investor tetap perlu berlatih untuk melakukan diversifikasi agar pertumbuhan portofolio investasinya dapat lebih stabil dan terjaga.

Sementara itu pesan Pantau, investor perlu untuk memantau secara berkala portofolio investasinya, baik dari sisi pergerakan harganya maupun kinerja perusahaannya, serta update dengan berita dan informasi terkait produk investasinya agar meningkatkan pengetahuan sekaligus menambah pertimbangan dalam investasinya.

Baca Juga: Aktivitas Penerbangan Melonjak, Stok Avtur Ditambah 29 Persen Hadapi Nataru

Berdasarkan data BEI dari Januari sampai November 2021, dari sisi edukasi, terdapat 6.571 aktivitas edukasi yang telah dijalankan, dengan jumlah peserta lebih dari satu juta orang.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X