Kadin Tangkap Peluang, Industri Besar Siap Serap Produksi UMKM Unggulan Jawa Tengah

- Rabu, 15 Desember 2021 | 17:28 WIB
Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi (tengah). (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi (tengah). (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Industri-industri besar di Jawa Tengah bahkan di Indonesia siap menyerap produk unggulan dari UMKM di Jawa Tengah.

Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit SW mengatakan melalui Kadin Tangkap Peluang serta platform Wiki Wirausaha Digitalisasi UMKM Indonesia berusaha membantu UMKM agar bisa naik kelas dan terserap di industri besar.

Kukrit memaparkan ada dua kerja sama yang dilakukan, pertama MoU antara UMKM jahe dengan Sido Muncul dan BRI, serta kedua MoU Kadin Jawa Tengah dengan Hippindo.

"Untuk tahap awal UMKM jahe diserap Sido Muncul dan dibiayai BRI, ini baru awal dan akan banyak produk unggulan yang diserap industri besar di Jawa Tengah dan nasional," kata Kukrit SW, Rabu, 15 Desember 2021.

Baca Juga: Sebelum Meninggal Laura Anna Alami Spinal Cord Injury, dr. Tirta Beri Penjelasan Beratnya Perjuangan Penderita

Program Kadin Tangkap Peluang serta platform Wiki Wirausaha Digitalisasi UMKM Indonesia dilaunching oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi didampingi Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid di Ruang Lokakrida lantai 8, Balai Kota Semarang.

Lebih lanjut, Kukrit menjelaskan Hippindo dengan jaringannya yang tersebar di seluruh Indonesia juga akan membantu memetakan untuk nantinya memasarkan dan memamerkan dan mengembang produk UMKM Jawa Tengah.

Sementara itu untuk layanan Wiki Wirausaha ini UMKM bisa langsung berinteraksi dan menawarkan produk-produknya dengan para industri besar bukan hanya di Jawa Tengah namun Indonesia.

WKU Bidang Kewirausahaan Aldi Haryopratomo penggagas Wiki Wirausaha ini menambah selama ini mencari informasi kemitraan sangat sulit.

Baca Juga: Keistimewaan 5 Weton Kelahiran Kamis, Sifat dan Pekerjaan yang Cocok, Weton Anda Termasuk?

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X