Pengembang Minta Kemudahan Perizinan Bangun Rumah untuk MBR

- Jumat, 10 Desember 2021 | 12:00 WIB
Himperra sedang melaksanakan Rakerda DPD Jateng di Hotel MG Setos Semarang, belum lama ini. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)
Himperra sedang melaksanakan Rakerda DPD Jateng di Hotel MG Setos Semarang, belum lama ini. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para pengembang yang tergabung dalam Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) berharap kemudahan perizinan dalam membangun rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Ketua Umum DPP Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Endang Kawidjaja menuturkan, selama ini pengembang perumahan berharap kemudahan perizinan untuk membangun rumah MBR.

Sebab selama ini proses perizinan dalam membangun rumah MBR tidaklah mudah sehingga diharapkan kemudahan khusus bagi pengembang yang membangun rumah MBR.

"Selama ini hanya 80 persen dari 1.000 unit rumah MBR yang sudah mendapatkan izin. Sementara kami masih terus melanjutkan untuk membangun rumah MBR karena permintaan terus tinggi,'' tuturnya saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Himperra DPD Jateng di Hotel MG Setos Semarang, belum lama ini.

Baca Juga: Sungguh Malang Nasib Korban Erupsi Semeru, Kena Musibah, Harta Malah Dijarah

Dikatakannya, selain permasalahan perizinan, Himperra juga berharap terkait subsidi pemasangan penyambungan listrik rumah MBR menjadi prioritas, dengan imbal balik Himperra menyediakan kompor induksi.

Saat ini biaya pemasangan listrik itu kembali normal dan menjadi tanggungan pengembang sepenuhnya.

Hal ini tentu saja akan berdampak pada naiknya harga jual rumah tersebut.

''Dengan kenaikan harga rumah yang dipicu sejumlah biaya tambahan itu justru membuat minat calon konsumen yang merupakan MBR ini semakin berkurang,'' ujarnya.

Baca Juga: 8 Fakta Kasus Pemerkosaan 12 Santriwati di Bandung, Poin Ketiga Bikin Miris

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wujudkan Produk TKDN, AMD-Axioo Kolaborasi

Sabtu, 23 Juli 2022 | 14:33 WIB
X