Kembangkan Desa Wisata Untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

- Kamis, 9 Desember 2021 | 20:34 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat opening ceremony presidensi G20. (suaramerdeka.com / ekon.go.id)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat opening ceremony presidensi G20. (suaramerdeka.com / ekon.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah mengembangkan Desa Wisata yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat,

menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.

Pengembangan desa wisata juga merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

Baca Juga: Mengenal Ir Soekarno Lebih Dekat Lewat Tribute to Bung Karno

Sehingga dapat memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hak itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya mewakili Presiden RI pada acara “Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021“ yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada Selasa, 7 Desember 2021.

Lebih lanjut Menko Airlangga mengatakan, sektor pariwisata sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara,

Baca Juga: Transaksi UMKM Jateng Naik 1,5 Kali Lipat

perjalanan wisatawan nusantara, peningkatan penerimaan devisa dari sektor pariwisata, penyerapan tenaga kerja pariwisata, dan kenaikan indeks daya saing pariwisata indonesia di ranah global.

”Saya juga mendorong agar pengembangan desa wisata untuk terus disinergikan dengan upaya pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas termasuk 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sehingga dapat semakin memperluas manfaat ekonomi pengembangan destinasi pariwisata bagi masyarakat lokal,” kata Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X