Harga Minyak Melonjak Lebih dari 3 Persen, Dampak dari Kekhawatiran pada Omicron

- Rabu, 8 Desember 2021 | 09:48 WIB
Kilang Minyak. (Dariusz Kopestynski from Pixabay)
Kilang Minyak. (Dariusz Kopestynski from Pixabay)

CALGARY, suaramerdeka.com - Kekhawatiran dampak Omicron membuat harga minyak melonjak lagi lebih dari tiga persen pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB).

Lonjakan harga minyak tersebut memperpanjang reli dari rebound hampir lima persen sehari sebelumnya di mana dampak Omicron pada permintaan bahan bakar global semakin berkurang.

Untuk pengiriman Februari, minyak mentah berjangka Brent ditutup bertambah 2,36 dolar AS atau 3,2 persen, menjadi 75,44 dolar AS per barel, setelah melonjak 4,6 persen pada Senin, 6 Desember 2021.

Sementara untuk pengiriman Januari, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terangkat 2,56 dolar AS atau 3,7 persen, menjadi menetap di 72,05 dolar AS per barel, menyusul kenaikan 4,9 persen pada sesi sebelumnya.

Baca Juga: Disatukan Kesamaan Budaya, Jawa Barat dan DI Yogyakarta Ingin Lebih Intim

Pada tertinggi sesi di perdagangan Selasa 7 Desember 2021 setiap kontrak naik lebih dari tiga dolar AS.

Pekan lalu, harga minyak jatuh pekan lalu di tengah kekhawatiran bahwa vaksin mungkin kurang efektif terhadap varian baru Omicron, memicu kekhawatiran bahwa pemerintah-pemerintah dapat memberlakukan pembatasan baru yang akan menenggelamkan permintaan bahan bakar.

Namun, seorang pejabat kesehatan Afrika Selatan melaporkan pada akhir pekan bahwa kasus Omicron di sana hanya menunjukkan gejala ringan, sementara pejabat tinggi penyakit menular AS, Anthony Fauci, juga mengatakan tampaknya tidak ada "tingkat keparahan yang besar" dengan varian tersebut.

"Pasar oversold sebagai reaksi spontan terhadap Omicron dan potensi penyebarannya serta dampaknya pada pembatasan perjalanan," kata Gary Cunningham, direktur riset pasar di Tradition Energy.

Baca Juga: Kucing Bebas dari Obesitas, Atur Pola Makan Jadi Solusi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X