Satgas Waspada Investasi Kembali Hentikan Entitas Aset Kripto, Money Game, Robot Trading dan Pinjol Ilegal

- Jumat, 3 Desember 2021 | 12:28 WIB
Marak Investasi Bodong, Coba Lakukan Ini Untuk Mendeteksinya (Dok Net/ Istimewa)
Marak Investasi Bodong, Coba Lakukan Ini Untuk Mendeteksinya (Dok Net/ Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Satgas Waspada Investasi (SWI) kembali menghentikan entitas yang menawarkan investasi bodong.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing mengatakan pihaknya telah menghentikan satu entitas yaitu PT Rechain Digital Indonesia yang melakukan perdagangan aset kripto Vidy Coin dan Vidyx tanpa izin.

"Hati-hati dengan penawaran investasi aset kripto dengan keuntungan tetap (fix) karena ditunggangi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga: Hari Keberuntungan 12 Shio, Yuk Cek Tanggalnya!

Sebelum berinvestasi kripto, masyarakat harus melihat pertama daftar pedagang kripto dan kedua daftar aset kriptonya di Bappebti sebagai otoritas yang berwenang mengatur dan mengawasi kripto ini sesuai Peraturan Bappebti Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto,” kata Tongam.

Selain itu SWI juga menghentikan lima kegiatan usaha yang diduga money game dan tiga kegiatan usaha robot trading tanpa izin.

Menurut Tongam, penawaran investasi berbasis aplikasi yang harus diwaspadai karena pelakunya memanfaatkan ketidakpahaman masyarakat untuk menipu dengan cara iming-iming pemberian imbal hasil yang sangat tinggi dan tidak wajar, namun terlebih dahulu masyarakat diminta menempatkan atau menyetorkan dananya.

Baca Juga: Ramalan Shio Monyet di Tahun 2022, dari Jodoh hingga Fengshui

Sementara itu untuk pinjaman online ilegal, SWI kembali menemukan dan menutup 103 entitas yang beredar melalui aplikasi di HP dan di website yang bisa merugikan masyarakat.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resesi 2023 dan Situasi Tekanan Cash is The King

Kamis, 29 September 2022 | 14:10 WIB

BPR Arto Moro Terima Penghargaan Infobank Award 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 14:23 WIB
X