Harga Minyak Menetap Lebih dari 1 Persen pada Akhir Perdagangan Usai Sesi Maju-Mundur

- Jumat, 3 Desember 2021 | 08:48 WIB
Kilang Minyak. (Dariusz Kopestynski from Pixabay)
Kilang Minyak. (Dariusz Kopestynski from Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Usai sesi mundur-maju yang melihat harga acuan berayun membuat harga minyak menetap lebih dari satu persen lebih tinggi pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), dalam kisaran 5 dolar AS.

Menetapnya harga minyak tak lepas setelah OPEC+ mengejutkan pasar dengan tetap berpegang pada rencananya untuk meningkatkan produksi secara perlahan.

Untuk minyak mentah berjangka Brent ditutup terangkat 80 sen atau 1,2 persen, menjadi menetap di 69,67 dolar AS per barel setelah menyentuh level terendah 65,72 dolar AS per barel pada hari itu.

Kemudian, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS bertambah 93 sen atau 1,4 persen, menjadi ditutup di 66,50 dolar AS per barel, setelah merosot ke serendah 62,43 dolar AS per barel.

Baca Juga: Emas Merosot Tajam di Akhir Perdagangan, Tandai Penyelesaian Terendah

Pasar terjual secara dramatis setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya yang dikenal sebagai OPEC+ mengeluarkan sedikit kejutan dengan tetap berpegang pada rencana untuk meningkatkan produksi bulanan sebesar 400.000 barel per hari.

Sebelumnya, minyak mentah merosot tajam, setelah kehilangan 24 persen dalam tiga minggu terakhir sebelum membangun kembali reli pada sore hari.

Namun kombinasi ketidakpastian di sekitar varian Omicron, upaya pemerintah untuk membendung gelombang infeksi baru dan ekspektasi untuk lebih banyak pasokan membuat para pedagang tetap waspada.

"Pasar baru saja mencoba mencerna begitu banyak berita. Ini seperti ular piton yang memakan kuda poni," kata Rebecca Babin, pedagang energi senior di CIBC Private Wealth US.

Baca Juga: Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pupuk Indonesia Go Global Lewat Ekspansi di Dubai

Senin, 31 Oktober 2022 | 20:01 WIB
X