Indonesia Siap Jadi Pusat Produsen Halal Dunia, Ini Strategi Pemerintah

- Rabu, 1 Desember 2021 | 14:36 WIB
Wapres Ma’ruf Amin pada konferensi pers yang digelar usai rapat pleno, Selasa, 30 November 2021. (suaramerdeka.com/ekon.go.id)
Wapres Ma’ruf Amin pada konferensi pers yang digelar usai rapat pleno, Selasa, 30 November 2021. (suaramerdeka.com/ekon.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dampak pandemi Covid-19 juga mempengaruhi perkembangan ekonomi syariah Indonesia pada tahun 2020. Meski begitu, ekonomi syariah mampu menunjukkan kinerja yang baik.

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin selaku Ketua Harian KNEKS, mengatakan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) diharapkan dapat memperkuat sinergi dan koordinasi lintas sektoral sehingga dapat mempercepat pengembangan ekonomi syariah dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

"Rapat pleno ini dalam rangka menyatukan langkah untuk tercapainya Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia,” tutur Wapres Ma’ruf Amin pada konferensi pers yang digelar usai rapat pleno, Selasa, 30 November 2021.

Baca Juga: Pria WNA di Magelang Beli Puluhan Pil Psikotropika Secara Online

Berdasarkan data pada State of the Global Islamic Economy Report 2020-2021, secara umum ekonomi syariah Indonesia berada pada posisi ke empat, yakni naik 1 peringkat dari laporan tahun 2019/2020.

Dengan total aset keuangan syariah Indonesia mencapai US$99 miliar, Indonesia menjadi negara ke-7 dengan total aset keuangan syariah terbesar di dunia.

Sementara, data pada Islamic Finance Development Report 2020, secara umum nilai Islamic Finance Development Indicator Indonesia berada pada posisi kedua.

Baca Juga: Berkas Perkara Kasus Pengancaman Lengkap, Jerinx Dilimpahkan ke Kejaksaan

Kemudian peringkat kategori halal food Indonesia berada pada posisi 4, fashion di posisi 3, media dan rekreasi di posisi 5, muslim friendly travel di posisi 6, kosmetik dan farmasi di posisi 6, serta Islamic Finance juga di posisi 6.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X