Stok Beras Nasional Aman, Presiden Joko Widodo: Belum Ada Impor Beras Sama Sekali

- Rabu, 1 Desember 2021 | 07:30 WIB
Beras Bulog (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Beras Bulog (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

TRENGGALEK, suaramerdeka.com - Pemerintah memastikan belum akan melakukan impor beras karena seperti diungkapkan Presiden Joko Widodo, stok beras nasional masih aman sehingga pada tahun 2021

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat menanam padi bersama petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jatim), Selasa 30 November 2021 siang.

“Kami tahu bahwa tahun ini, tahun 2021 sampai hari ini kita belum melakukan impor beras sama sekali. Dan kenyataannya stok kita masih pada posisi yang sangat baik,” ujar Presiden Joko Widodo.

Sebelum menanam padi di areal kurang lebih 75 hektare tersebut, Kepala Negara terlebih dahulu meresmikan Bendungan Tugu yang juga berlokasi di Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga: Kejar Herd Immunity, Vaksinasi Covid-19 Masuk ke Desa

Pada kesempatan itu turut diresmikan Bendungan Gongseng yang terletak di Kabupaten Bojonegoro, yang diharapkan dapat meningkatkan intensitas panen dan kesejahteraan para petani.

“Dengan adanya nanti Bendungan Tugu, airnya sudah mengalir sampai ke sawah-sawah di sini, akan bisa panen padi tiga kali, palawija sekali, sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di Kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis,” ujar Presiden Joko Widodo.

Kepala Negara menjelaskan, secara keseluruhan Jatim mampu memproduksi sebanyak 5,7 juta ton beras, baik untuk kebutuhan sendiri maupun untuk menyuplai provinsi-provinsi lainnya secara nasional.

Sejumlah bendungan yang telah selesai dibangun dan mulai difungsikan memicu peningkatan produktivitas pertanian di tanah air.

Baca Juga: Bona Ventura Makin Mantap Maju Sebagai Calon Ketua Umum KONI Jateng

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X