Pengelolaan Keuangan Daerah Harus Perhatikan Standar Akuntansi Pemerintahan 

- Selasa, 30 November 2021 | 17:42 WIB
Foto :suaramerdeka.com /tangkapan layar D3 Akuntansi K PSDKU Undip. 
Foto :suaramerdeka.com /tangkapan layar D3 Akuntansi K PSDKU Undip. 

PEKALONGANsuaramerdeka.com - Akuntansi keuangan daerah adalah mempelajari prinsip-prinsip dasar dan proses pelaporan laporan keuangan pemeritah daerah. 

Tool dari laporan keuangan daerah adalah kinerja pemerintah daerah tersebut. Dalam penyusunan laporan keuangan daerah rawan terjadinya fraud. 

Hal itu disampaikan Dr Moh Mahsun Ketua Association of Public Sector Accounting Educators (APSAE) saat memberikan kuliah umum akuntansi keuangan daerah, mata kuliah Akuntansi Keuangan Daerah, D3 Akuntansi Universitas Diponegoro PSDKU Pekalongan secara virtual, Selasa, 30 November 2021. 

Baca Juga: Polisi Tangkap Pembobol Konter HP di Pringsurat Temanggung, Pelakunya Masih Pelajar

Moh Mahsun menjelaskan, pada proses penyusunan laporan keuangan suatu pemerintah daerah dapat terjadi fraud. Hal itu bila dalam proses penyusunan laporan tersebut tidak dilakukan secara regulasi yang ada. 

“Kerugian keuangan daerah merupakan salah satu proksi permasalahan akuntabilitas keuangan daerah," katanya. 

Moh Mahsun menambahkan, Crime by Legislation atau memanipulasi administrasi agar sesuai dengan peraturan dan atau memanipulasi kebijakan agar sesuai dengan kepentingan dapat terjadi baik di pemerintah daerah atau perusahaan.

“Sepandainya melakukan fraud, seiring berjalannya waktu pasti akan terungkap. Maka, lebih bijak kita melakukan pelaporan keuangan sesuai aturan dan tidak menyalahgunakan anggaran," imbuh Moh Mahsun.

Baca Juga: Paul McCartney dan Ringo Star Memperingati 20 Tahun Kematian George Harrison: Aku Merindukanmu

Sementara itu , Casmidi, Kepala BPKD Kabupaten Pekalongan menambahkan dalam memberikan informasi bahwa dalam melakukan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, harus memperhatikan standar akuntansi pemerintahan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KB Bukopin Bayarkan Klaim Asuransi Jiwa KPR

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:20 WIB
X