Upcycle Your Clothes, Cara Meilleur Ami Minimalisir Limbah Pakaian

- Sabtu, 27 November 2021 | 18:44 WIB
 Crafting class “Upcycle Your Clothes” digelar di Senandika Coffee & Chill Semarang, Jalan Singosari no.6A Semarang, Sabtu (27/11).(suaramerdeka.com/dok)
Crafting class “Upcycle Your Clothes” digelar di Senandika Coffee & Chill Semarang, Jalan Singosari no.6A Semarang, Sabtu (27/11).(suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Proses Upcycle menjadi salah satu solusi dalam meminimalisir limbah fashion khususnya limbah pakaian.

Di mana proses ini mengajak para wanita untuk peduli dengan tidak membuang baju lama atau tidak dipakai/hampir rusak agar bisa dimanfaatkan dengan cara upcycling.

Upcycling pada dasarnya adalah proses membuat sisa bahan produksi atau produk yang sudah rusak menjadi produk baru yang memiliki nilai lebih tanpa menghancurkan produk tersebut.

Prinsip ini berbeda dengan recycling fashion yang mengubah produk pakaian yang sudah tidak terpakai menjadi bahan baru dengan melibatkan proses penghancuran dari produk tersebut.

Baca Juga: Saksi Kasus Dugaan Pengaturan Skor Liga 3 Jawa Timur jadi Korban Tabrak Lari

Berangkat dari hak tersebut, Meilleur Ami selaku produsen pakaian pengantin muslim menggelar acara bertajuk crafting class “Upcycle Your Clothes” yang digelar di Senandika Coffee & Chill Semarang, Jalan Singosari no.6A Semarang, Sabtu 27 November 2021

"Di event ini kita ajak para peserta mengupcycle baju mereka yang nggak terpakai. Disini mereka diajari teknik menjahit payet dengan benar, agar baju lamanya punya nilai tambah dan nilai jual kembali," tutur Rani Nelasari, founder Meilleur Ami.

Kegiatan crafting class ini diikuti 20 peserta dengan menjalankan aturan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta diberi kebebasan memasang payet sesuai kreasi masing-masing. Hasil paling kreatif juga mendapat gift menarik dari Mellieur Ami.

Baca Juga: 4 Shio Ini Diprediksi Alami 'Ciong' di Tahun Macan 2022

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X