Harga Emas Naik Tipis, Kembali di Atas Level 1.800 dolar pada Akhir Perdagangan

- Sabtu, 27 November 2021 | 08:48 WIB
Emas murni. (Linda Hamilton - Pixabay)
Emas murni. (Linda Hamilton - Pixabay)

CHICAGO, suaramerdeka.com - Emas naik tipis kembali di atas level 1.800 dolar pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB) usai mengambil jeda setelah reli lebih dari satu persen

Pemicu kenaikan tipis emas tak lepas dari serbuan ke aset-aset safe-haven karena kekhawatiran atas varian virus corona baru mengguncang sentimen risiko.

Untuk pengiriman Desember, kontrak emas paling aktif di divisi Comex New York Exchange, terdongkrak 1,2 dolar AS atau 0,07 persen, menjadi ditutup pada 1,785,50 dolar AS per ounce.

Sementara di pasar spot, emas mengalami kenaikan 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 1.791,97 dolar AS per ounce pada pukul 18.49 GMT, setelah naik setinggi 1.815,26 dolar AS.

Baca Juga: Perluas Jaringan Pasar, UMKM Perlu Manfaatkan Platform Digital

Sebelum libur Thanksgiving, emas berjangka naik tipis 50 sen atau 0,03 persen menjadi 1.784,30 dolar AS, setelah anjlok 22,5 dolar AS atau 1,25 persen menjadi 1.783,80 dolar AS pada Selasa 24 November 2021.

Pihak berwenang secara global bereaksi dengan waspada terhadap varian virus baru, dengan Uni Eropa dan Inggris di antara mereka yang memperketat kontrol perbatasan ketika para peneliti berusaha untuk mengetahui apakah mutasi itu resisten terhadap vaksin, memicu aksi jual di seluruh pasar yang merembes ke dalam minyak dan logam mulia lainnya.

"Tetapi, setelah reli karena daya tarik safe-haven emas, perubahan bearish keseluruhan pada komoditas akhirnya menghampiri emas juga," kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals, menambahkan reaksi pasar mungkin berlebihan.

Mendukung emas dan bahkan akhirnya membatasi penurunan adalah kemunduran tajam dalam dolar dan imbal hasil obligasi pemerintah AS yang lebih rendah.

Baca Juga: MTs NU Banat Kudus Raih Medali Emas dan Perunggu di Ajang Internasional Glocolis 2021

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X