Perluas Jaringan Pasar, UMKM Perlu Manfaatkan Platform Digital

- Sabtu, 27 November 2021 | 08:24 WIB
Bupati Demak Hj Eisti'anah bersama pelaku UMKM dengan memperlihatkan produk yang siap dipromosikan melalui platform digital. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Bupati Demak Hj Eisti'anah bersama pelaku UMKM dengan memperlihatkan produk yang siap dipromosikan melalui platform digital. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Perkembangan teknologi informasi menjadikan peluang pasar yang semakin luas bagi pelaku usaha, tidak terkecuali UMKM.

Pasar berbagai produk kini tidak lagi terbatas dalam lingkup masyarakat kecil, tetapi telah menjangkau seluruh dunia.

"Potensi dan peluang ini harus dapat ditangkap pelaku UMUM dengan memanfaatkan platform online," kata Bupati Demak Hj Eisti'anah saat membuka Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kecamatan Mranggen.

Penggunaan teknologi digitalisasi dan online dalam setiap kegiatan usaha merupakan kesempatan untuk membangun jaringan pasar yang lebih besar, karena tak lagi tersekat oleh jarak dan waktu.

Baca Juga: MTs NU Banat Kudus Raih Medali Emas dan Perunggu di Ajang Internasional Glocolis 2021

Namun demikian yang perlu mendapat perhatian adalah menjaga dan meningkatkan kualitas produk agar mampu bersaing di dipercaya pasar global.

Semakin banyak UMKM yang berhasil memasuki ekosistem digital, maka akan semakin banyak pula UMKM yang mampu bertahan dan tumbuh berkembang di tengah kondisi apapun.

Bupati Demak mengakui sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu potensi unggulan yang dijadikan prioritas karena mampu menggerakkan roda perekonomian daerah. UMKM terbukti mampu meningkatkan pendapatan rakyat.

Kemudian, menurunkan angka kemiskinan, mengurangi jumlah pengangguran, bahkan menyumbang devisa negara.

Baca Juga: Kejurprov Bola Voli U-17: Porvit Kudus dan Vita Solo Jadi yang Terbaik 

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMN dan ICSB Semarang Berkolaborasi Bangkitkan UMKM

Kamis, 23 Desember 2021 | 06:30 WIB
X