Iwapi Berharap Kemudahan Usaha, Banyak UMKM Terdampak Pandemi

- Kamis, 25 November 2021 | 09:12 WIB
Ketua DPP Iwapi Pusat, Nita Yudi melantik Ketua DPD Iwapi Jateng terpilih Wahyuningsih saat Musda IX Iwapi Jateng di Kantor Badan Kesbangpol Jateng. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)
Ketua DPP Iwapi Pusat, Nita Yudi melantik Ketua DPD Iwapi Jateng terpilih Wahyuningsih saat Musda IX Iwapi Jateng di Kantor Badan Kesbangpol Jateng. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Para pengusaha perempuan yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) berharap kemudahan usaha akibat dampak pandemi.

Ketua DPP Iwapi Pusat, Nita Yudi menuturkan, Iwapi sudah tersebar di 34 provinsi di Indonesia, dengan jumlah lebih dari 30 ribu pengusaha perempuan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 98 persen adalah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan sebanyak 2 persen yaitu pengusaha skala besar.

Banyak usaha pelaku UMKM perempuan anggota Iwapi terdampak akibat pandemi.

Baca Juga: Inilah Tujuh Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Sebagai asosiasi usaha pengusaha perempuan terbesar, Iwapi mempunyai tanggung jawab cukup besar agar pelaku UMKM ini harus optimis menghadapi dampak Covid.

Berupaya terus berkolaborasi, beradaptasi, berinovasi dan berkreasi agar usahanya tetap eksis.

''Dengan semangat ini, kami berharap ada kemudahan usaha dari pemerintah agar usaha anggota Iwapi bisa terus berkembang,'' tuturnya saat Musyawarah Daerah (Musda) IX Iwapi Jateng di Kantor Badan Kesbangpol Jateng Jalan Ahmad Yani, belum lama ini.

Kemudahan usaha di antaranya, kemudahan izin usaha, kemudahan strategis dengan rantai pasok, kemitraan strategis dengan pemerintah pusat, daerah, luar negeri dan pihak swasta agar roda perekonomian bisa berjalan terus.

Baca Juga: Unwahas Digandeng Pemkab Batang untuk Kembangkan Potensi Wilayah

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSN Bikin Etalase Digital Produk UKM Ber-SNI

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:25 WIB

Ganjar Melapak, UMKM Kembali Tersenyum

Sabtu, 20 November 2021 | 11:24 WIB

32.620 Debitur di Magelang Terima Pinjaman Ultra Mikro

Minggu, 14 November 2021 | 21:30 WIB
X