Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, Laju Ekspor dan Investasi Akselerasi Pemulihan Ekonomi Jawa Tengah

- Rabu, 24 November 2021 | 20:17 WIB
Penerima penghargaan kategori pengembangan UMKM dan ekonomi syariah berfoto bersama saat PTBI 2021. UMKM Ketahanan Pangan Terbaik, UMKM Orientasi Ekspor Terbaik dan Pesantren Pendukung Program Ekonomi Syariah Terbaik (sm/dok)
Penerima penghargaan kategori pengembangan UMKM dan ekonomi syariah berfoto bersama saat PTBI 2021. UMKM Ketahanan Pangan Terbaik, UMKM Orientasi Ekspor Terbaik dan Pesantren Pendukung Program Ekonomi Syariah Terbaik (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Optimisme pemulihan ekonomi Jawa Tengah terus berlanjut sejalan dengan peningkatan permintaan global yang mendorong ekspor.

Tak hanya ekspor, laju investasi sekaligus menjadi motor pertumbuhan ekonomi Jateng.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng Pribadi Santoso mengungkapkan, dalam dua triwulan terakhir perekonomian yang tumbuh positif turut terdorong oleh pertumbuhan ekspor Jateng yang double digit lebih dari 30 persen.

Baca Juga: Lawan Rasa Malas, Ampuh dengan Cara Ini

''Kami terus bersinergi dengan Pemda kabupaten kota se-Jateng dengan berbagai program terobosan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi,'' ujar Pribadi saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 yang digelar secara hibrid dan virtual, di Hotel Tentrem Semarang, Rabu (24/11).

Kegiatan ini juga dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo serta Presiden Joko Widodo yang menyampaikan berbagai arahan dan masukan untuk mengakselerasi perekonomian nasional.

''Potensi ekonomi digital luar biasa ini harus digarap serius tapi jangan sampai meninggalkan usaha kecil menengah. Kita harus terus bertahan, ada peluang dibuka penuh kehati-hatian jangan tergesa dan kedepankan protokol kesehatan,'' papar Presiden Joko Widodo.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekda Provinsi Jateng Sumarno, Deputi KPw BI Jateng M Firdauz Muttaqin, Kepala Perwakilan BI Solo Nugroho Joko Prastowo, Kepala Perwakilan BI Tegal M Taufik Amrozi, Kepala Perwakilan BI Purwokerto Samsun Hadi.

Baca Juga: Aksinya Dinanti Penggemar, Kim Seon Ho Mulai Syuting Sad Tropical Awal Desember

Sejumlah poin penting yang patut dicatat menjelang akhir tahun ini diantaranya fasilitasi ekspor bagi UMKM diantaranya ke Singapura yang menghasilkan juga 28 MoU antara UMKM Jateng dengan buyer. Selain itu juga ekspor ke Belgia, Dubai dan London yang difasilitasi bersama Pemprov Jateng.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X