Jaga Momentum Pemulihan Ekonomi, Kebutuhan Lifestyle Tak Bisa Diabaikan

- Rabu, 24 November 2021 | 17:21 WIB
West Java Annual Meeting 2021" di Bandung, Rabu (24/11) (sm/dok)
West Java Annual Meeting 2021" di Bandung, Rabu (24/11) (sm/dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Dalam salah satu rekomendasinya, Bank Indonesia Jabar menyebut bahwa kebutuhan lifestyle tak bisa disepelekan dalam rangka menjaga momentum pemulihan ekonomi.

Pasalnya, sektor tersebut mempunyai efek berganda yang cukup signifikan. Karena itu, penanganannya perlu proporsional termasuk dalam kaitannya dengan kebijakan PPKM level.

Menurut Kepala BI Jabar, Herawanto, pemenuhan kebutuhan lifestyle seperti aktivitas kafe, wisata, leisure mesti bisa ditangani secara tepat. Mereka tak bisa dibiarkan berhenti dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Polres Semarang Bentuk Satgas Jalur Wisata, Antisipasi Gelombang Penularan Covid-19

"Perlu untuk memfasilitasi aktivitas bisnis ini. Pembatasan terhadap lapangan usaha mereka tak bisa terlalu lama. Perlu diberikan peluang secara proporsional, karena multiplier effectnya yang besar dari sisi tenaga kerja dan UMKM," katanya pada "West Java Annual Meeting 2021" di Bandung, Rabu (24/11).

Dijelaskan, langkah tersebut tak bisa dilepaskan dari bagian ikhtiar menjaga transmisi belanja masyarakat menengah atas yang tidak boleh terhambat.

"Aktivitas kafe, wisata, dan leisure itu juga jadi bagian dari sasaran terhadap bagian dari masyarakat yang terjaga penghasilannya selama pandemi," jelasnya.

Baca Juga: Bahaya Buang Ingus Terlalu Kuat, Begini Cara yang Aman

Itu sejalan dengan langkah lainnya seperti mendorong saluran belanja online yang juga akan ikut mengerek program lainnya yakni digitalisasi ekonomi daerah di samping pembukaan pusat perbelanjaan sacara proporsional sesuai level PPKM guna membantu kinerja perdagangan.

Tentu saja, tegas Hera, rekomendasi itu tetap harus mengutamakan protokol kesehatan. Baginya itu tetap menjadi kunci.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X