Harmonisasi Regulasi Perpajakan Dukung Implementasi Pajak Digital

- Rabu, 24 November 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi pajak (Foto: pexesl.com)
Ilustrasi pajak (Foto: pexesl.com)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah telah melakukan harmonisasi regulasi perpajakan yang menunjang implementasi pajak digital.

Dengan ditetapkannya Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan pada 29 Oktober 2021 lalu, 10 aturan perundang-undangan berkaitan dengan perpajakan telah diubah.

“CIPS mengapresiasi adanya penambahan Pasal 32A yang memberikan landasan hukum bagi Kementerian Keuangan untuk menunjuk Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) untuk melakukan pemotongan, pemungutan, penyetoran, dan/atau pelaporan pajak atas produk/layanan digital,” terang Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan.

Hal ini sejalan dengan rekomendasi CIPS mengenai pajak digital yang disampaikan melalui publikasi yang dikeluarkan pada pertengahan tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Hari Guru Nasional Jatuh Kamis Besok, Ini 4 Keistimewaan Hari Itu Menurut Islam

Sebelum disahkannya UU Nomor 7 Tahun 2021 ini, Pelaku Usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) maupun PSE tidak tergolong sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Namun dengan dikeluarkannya aturan mengenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi PMSE di level peraturan menteri pada tahun 2020, terdapat urgensi untuk mengamandemen UU No. 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan yang sudah beberapa kali diubah melalui UU Nomor 9 Tahun 1994, UU Nomor 16 Tahun 2000, UU Nomor 28 Tahun 2007 dan UU Nomor 16 Tahun 2009 karena tidak melihat badan usaha sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk pemungutan pajak di Indonesia.

Sejak diberlakukan pada 1 Agustus 2020 lalu, barang dan jasa yang dijual perusahaan internasional berbasis digital wajib membayar PPN sebesar 10 persen.

Pengenaan PPN ini dibebankan kepada konsumen yang berlangganan layanan dari perusahaan tersebut.

Baca Juga: Jadi Syarat Level Penetapan PPKM, Menkes: Kecepatan Vaksinasi Lansia Kencang Sekali

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X