Dolar Capai Tertinggi dalam 16 Bulan, Menyusul Pencalonan Kembali Jerome Powell

- Selasa, 23 November 2021 | 09:24 WIB
Dolar AS. (Forbes)
Dolar AS. (Forbes)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Level tertinggi dalam 16 bulan berhasil dicapai dolar terhadap euro pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB).

Pencapaian dolar itu didapat setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell dinominasikan untuk masa jabatan empat tahun kedua oleh Presiden Joe Biden, sementara mata uang tunggal dirugikan oleh Covid-19 terkait penguncian.

Indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang saingannya naik 0,42 persen hari ini menjadi 96,53, tertinggi sejak Juli 2020.

Gedung Putih menyebut, Lael Brainard, anggota dewan Federal Reserve yang merupakan kandidat teratas lainnya untuk jabatan itu, akan menjadi wakil ketua.

Baca Juga: Bayar Toilet di SPBU, Begini 'Sentilan' Erick Thohir untuk Direksi Pertamina

"Dengan Powell dicalonkan kembali untuk masa jabatan kedua, itu menunjukkan prospek kebijakan moneter yang kurang dovish daripada di bawah kepemimpinan Brainard," kata Joe Manimbo, analis pasar senior di Western Union Business Solutions di Washington.

"Sepertinya ada ruang lingkup yang lebih besar untuk kenaikan suku bunga AS di bawah Powell dengan Powell tetap sebagai Ketua Fed, dan itu secara luas positif untuk dolar," tambah Manimbo.

Di sisi lain, euro merosot 0,58 persen menjadi 1,1233 dolar, juga terlemah sejak Juli 2020.

Kekhawatiran meningkatnya pembatasan baru Covid-19 di Eropa membuat mata uang tunggal juga terseret lebih rendah, dengan Austria memasuki penguncian penuh lainnya dan Jerman mempertimbangkan untuk mengikutinya.

Baca Juga: Tiga Mahasiswa Unwahas Terima Tiket Berlaga di Oase PTKI Banda Aceh

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir Tahun 2021 di Jateng Alami Inflasi 0,64 Persen

Selasa, 4 Januari 2022 | 14:38 WIB
X