#DiIndonesiaAja dan #BanggaBuatanIndonesia, Kemenparekraf Kampanyekan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

- Kamis, 10 Juni 2021 | 18:59 WIB
Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi.
Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kemenparekraf menjalankan sejumlah strategi untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata, salah satunya melalui trend pariwisata yang tetap mengusung tagar #DiIndonesiaAja dan #BanggaBuatanIndonesia.

Tren pariwisata tersebut yaitu berwisata di lokasi terdekat, tren staycation, berwisata dilokasi outdoor, wisata dengan keluarga, tren penawaran fleksibilitas tiket dan wisata yang aman juga berkelanjutan terutama yang bertema alam.

Yuana Rochma Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf mengungkapkan bahwa pemerintah telah berupaya secara maksimal dalam menggerakkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk di tengah pandemi.

Baca Juga: Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Kota Pekalongan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Massal

"Tujuan utama dari kampanye nasional ini adalah untuk membantu UMKM tetap survive di masa pandemi karena jika dilihat 60% perekonomian ditopang UMKM dan untuk sub sektor tenaga kerja UMKM mencapai 97%. Jika tidak diselamatkan perekonomian Indonesia akan semakin terpuruk," ungkapnya dalam virtual webinar Jakarta Marketing Week 2021, Kamis 10 Juni 2021.

Yuana menambahkan program kampanye nasional Bangga Buatan Indonesia menargetkan 2 juta UMKM on boarding di market dan sekarang sudah melampaui target mencapai 3,7 juta pada desember 2020.

Baca Juga: Kapolri Instruksikan Perkuat Pos PPKM Mikro

Terry Santoso, Head of Marketing Traveloka Xperience menuturkan pandemi membuat banyak perubahan besar diberbagai sektor termasuk pada sektor pariwisata.

Traveloka menyadari ada 3 perubahan pasar pariwisata setelah 1 tahun pandemi yaitu masyarakat lebih selektif dan perencana ditunjukan dengan search volume yang meningkat dan meningkatnya same day book.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Calon Barista Muda Antusias Belajar Bisnis Kopi

Sabtu, 12 Juni 2021 | 12:48 WIB

Transaksi ETF April 2021 Capai 197 Persen

Sabtu, 12 Juni 2021 | 07:12 WIB
X