Penerapan Zero ODOL, Pemerintah dan Industri Perlu Duduk Bersama Bahas Waktu Tepat

- Kamis, 10 Juni 2021 | 18:52 WIB
Petugas gabungan mengarahkan dan memeriksa puluhan unit truk yang melintas di tol Semarang-Ungaran menuju Restarea KM  429 Ungaran saat razia ODOL, belum lama ini. (suaramerdeka.com / Ranin Agung)
Petugas gabungan mengarahkan dan memeriksa puluhan unit truk yang melintas di tol Semarang-Ungaran menuju Restarea KM  429 Ungaran saat razia ODOL, belum lama ini. (suaramerdeka.com / Ranin Agung)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pandemi yang melanda Indonesia di awal tahun 2020 mengakibatkan pertumbuhan sektor industri pengolahan nonmigas mengalami penurunan sebesar 158 persen dari 4,34 persen menjadi minus 2,52 persen.

Saat ini, industri nasional dalam masa recovery, namun apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, pada triwulan I 2021, pertumbuhan sektor industri pengolahan nonmigas masih mengalami penurunan sebesar 135 persen dari 2,01 persen menjadi -0,71 persen.

Pertumbuhan ekonomi dan industri di Indonesia juga masih dibayangi oleh gelombang pandemi berikutnya.

Hal itu disampaikan Ashady Hanafie, Kepala Seksi Sumber Daya Industri dan Sarana Prasarana Industri, Subdirektorat Industri Semen dan Barang Dari Semen Kemenperin dalam acara FGD bertajuk “Kebijakan Zero ODOL, Kesiapan Industri dan Tantangan Menjaga Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19, Kamis (10/6).

Baca Juga: Kapolri Instruksikan Perkuat Pos PPKM Mikro

“Sektor industri salah salah tulang punggung untuk perekonomian nasional dan menjadi sektor penyumbang terbesar terhadap PDB nasional,” ujarnya.

Dia mengutarakan banyaknya perusahaan yang tutup akibat pandemi ini, berakibat pada penurunan tenaga kerja.

Menurutnya, penurunan tenaga kerja ini juga berpotensi memperbesar permasalahan sosial. Tercatat, jumlah tenaga kerja industri sampai dengan Februari 2021 mengalami penurunan sebesar lima persen (yoy).

Jadi, dia meminta agar permasalahan yang dihadapi industri saat ini jangan dulu dibebani lagi dengan hal-hal lain seperti kebijakan Zero Over Dimension Over Load (ODOL) yang akan diterapkan di awal 2023 mendatang.

Baca Juga: Usai Pandemi, Fokus Penanganan Kemanusiaan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertagas Catatkan Laba Bersih 106,6 Juta Dolar

Jumat, 4 Juni 2021 | 10:50 WIB

Sarihusada Raih Halal Award 2021 dari MUI

Kamis, 3 Juni 2021 | 13:08 WIB
X