Investasi Pertanian, Reformasi Diperlukan untuk Membenahi Berbagai Hambatan

- Sabtu, 20 November 2021 | 12:00 WIB
Lahan pertanian. (suaramerdeka.com / dok)
Lahan pertanian. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Reformasi secara meluas diperlukan untuk membenahi berbagai hambatan masuknya investasi swasta ke sektor hulu pertanian di Indonesia, termasuk mengatasi permasalahan lahan, kurangnya infrastruktur serta rumitnya perizinan.

“Meskipun beberapa investor bersedia untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan, namun margin keuntungan yang tidak terlalu besar dari hasil panen tanaman pangan tidak bisa membenarkan investasi tersebut."

"Pembangunan infrastruktur dapat mengurangi ongkos logistik yang dapat menjadi daya tarik investasi,” jelas Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Indra Setiawan.

Selain permasalahan lahan seperti kejelasan kepemilikan lahan dan potensi konflik yang ditimbulkannya, penelitian CIPS juga menemukan perlunya perbaikan dan ketersediaan infrastruktur.

Baca Juga: ISBFE 2021: Event Internasional yang Tepat bagi Para Pelaku Rempah Dunia

Hal itu termasuk jalan, pelabuhan dan listrik di luar Pulau Jawa, di mana lahan luas untuk sektor pertanian berskala besar masih tersedia.

Reformasi lainnya yang diperlukan termasuk yang berkaitan dengan keterbukaan perdagangan dan peran BUMN dalam mencapai tujuan swasembada, juga diperlukan untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif di sektor pertanian.

Swasembada pangan sudah lama digaungkan sebagai tolok ukur kesuksesan sektor pertanian, padahal harga yang harus dibayar untuk itu adalah harga pangan domestik yang tinggi, minimnya diversifikasi konsumsi pangan dan alokasi sumber daya yang tidak tepat.

Dengan bertumpu pada BUMN untuk mencapai swasembada, pemerintah sebenarnya mendorong realokasi pendanaan dan sumber daya ke sub-sektor yang kurang produktif dan mahal atau mungkin kurang relevan.

Baca Juga: PPKM Level 3 Diterapkan Saat Nataru, Siapa Saja yang Dilarang Cuti Selain ASN?

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X