Dolar Menguat di Akhir Perdagangan Setelah Investor Mencari Mata Uang Aman

- Sabtu, 20 November 2021 | 10:24 WIB
Dolar AS. (Forbes)
Dolar AS. (Forbes)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Setelah investor mencari mata uang aman, dolar AS menguat pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB).

Kenaikan ditunjukkan indeks dolar, yang melacak greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama saingannya, naik 0,489 persen pada 96,029, mendekati level tertinggi 16-bulan di 96,266 yang dicapai pada Rabu 17 November.

Untuk minggu ini, dolar naik sekitar 1,0 persen, sementara itu euro yang telah berada di belakang sepanjang minggu ini, mencapai level terendah 16-bulan di tengah lonjakan Covid di Eropa dan karena meningkatnya ekspektasi bahwa suku bunga akan dinaikkan lebih cepat di tempat lain, terutama di Amerika Serikat.

Gubernur Federal Reserve (Fed) Christopher Waller mengatakan bank sentral AS harus mempercepat laju pengurangan pembelian obligasi guna memberikan lebih banyak kelonggaran untuk menaikkan suku bunga dari level mendekati nol lebih cepat daripada yang diperkirakan saat ini jika inflasi tinggi dan kekuatan perolehan pekerjaan berlanjut.

Baca Juga: FB UKSW dan FSG UiTM Jalin Kerja Sama dan Kolaborasi Pengembangan Perguruan Tinggi

Pada acara terpisah Wakil Ketua Fed Richard Clarida mengatakan "mungkin sangat tepat" untuk membahas percepatan penghentian pembelian aset Fed ketika pertemuan berikutnya, pada 14-15 Desember.

"Greenback saat ini tentu diuntungkan dari tanda-tanda penguatan ekonomi AS dan dari aliran safe-haven karena kekhawatiran baru tentang virus," kata Analis Pasar Senior Western Union Business Solutions, Joe Manimbo.

Di sisi lain, Austria mengatakan akan menjadi negara pertama di Eropa Barat yang menerapkan kembali penguncian penuh di tengah melonjaknya infeksi Covid-19 dan Jerman mengatakan dapat mengikutinya, mengirim euro lebih rendah.

Selain penguncian, Austria mengatakan akan mengharuskan semua warganya untuk divaksinasi terhadap Covid-19 mulai 1 Februari, sementara Menteri Kesehatan Jerman memperingatkan pembatasan penguncian dapat kembali diberlakukan.

Baca Juga: Nirina Zubir Posting Notes Milik Sang Ibunda Terkait Pinjaman Riri Khasmita

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhir Tahun 2021 di Jateng Alami Inflasi 0,64 Persen

Selasa, 4 Januari 2022 | 14:38 WIB
X