Harga Minyak Jatuh 3 Persen Seiring Melonjaknya Kasus Covid-19 Eropa

- Sabtu, 20 November 2021 | 09:48 WIB
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)
Ilustrasi kilang minyak (Terry McGraw from Pixabay)

NEW YORK, suaramerdeka.com - Melonjaknya kasus Covid-19 Eropa membuat harga minyak jatuh sekitar tiga persen menjadi di bawah 80 dolar AS per barel pada akhir perdagangan Jumat,

Untuk pengiriman Januari, harga minyak mentah berjangka Brent anjlok 2,35 dolar AS atau 2,9 persen, menjadi menetap di 78,89 dolar AS per barel.

Sementara untuk pengiriman Desember, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS merosot 2,91 dolar AS atau 3,6 persen, menjadi ditutup di 76,10 dolar AS per barel pada hari terakhir kontrak bulan depan.

Sementara itu, harga minyak WTI untuk pengiriman Januari kehilangan sekitar 2,65 persen atau 3,4 persen, menjadi berakhir di 75,78 dolar AS per barel.

Baca Juga: Wajib Tahu, Berikut Empat Tips Atasi Jerawat Saat Memakai Masker di Masa Pandemi

Untuk minggu ini patokan harga minyak mentah AS turun 5,8 persen, sementara Brent turun 4,0 persen, berdasarkan kontrak bulan depan.

Kedua kontrak acuan melemah untuk minggu keempat berturut-turut, untuk pertama kalinya sejak Maret 2020.

Melonjaknya kasus Covid-19 di Eropa mengancam akan memperlambat pemulihan ekonomi, sementara investor juga mempertimbangkan potensi pelepasan cadangan minyak oleh ekonomi-ekonomi utama untuk mendinginkan harga.

"Ketakutan akan hal yang tidak diketahui membebani sentimen pasar. Kekhawatirannya adalah bahwa kita akan mendapatkan semacam pelepasan (cadangan minyak) terkoordinasi selama Liburan Thanksgiving minggu depan, ketika volume biasanya rendah dan pergerakan dramatis telah terjadi," kata Analis Senior Price Futures, Phil Flynn, di Chicago.

Baca Juga: Ormas-NGO Expo 2021 Sukses Digelar, Bukti Toleransi di Kota Semarang Berjalan Baik

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X