Produk Mesari VCO Desa Antiga Diluncurkan, Dukung Pengembangan UMKM

- Selasa, 8 Juni 2021 | 13:08 WIB
LAUNCHING: Launching Produk UMKM Lokal Antiga Binaan Antiga. (suaramerdeka.com / dok)
LAUNCHING: Launching Produk UMKM Lokal Antiga Binaan Antiga. (suaramerdeka.com / dok)

BALI, suaramerdeka.com - PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) meluncurkan produk Mesari Virgin Coconut Oil (VCO) produksi UMKM Desa Antiga binaan Elnusa Petrofin pada Selasa (8/6) di Karangasem Manggis Bali.

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Utama Elnusa Petrofin Haris Syahrudin, Executive General Manager Pertamina (persero) Marketing Operation Region (MOR) V, C.D. Sasongko, Bupati Karangasem yang diwakili oleh Assisten III,  I Gusti Gede Rincek, serta tokoh masyarakat setempat bersama dengan rekan media.         

Kegiatan launching produk VCO Mesari ini merupakan tahap puncak dalam rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) berkelanjutan berupa VCO warga binaan di Desa Antiga Kabupaten Karangasem Bali yang telah dimulai sejak akhir tahun 2019 yang lalu.

Baca Juga: Pagu indikatif Kementan Tahun 2022 sebesar Rp 14,51 triliun, Anggota DPR Menyayangkan

Kegiatan ini, berangkat dari potensi alam Desa Antiga yang kaya akan pohon kelapa yang menghasilkan buah kelapa berkualitas unggul,

Tim CSR Elnusa Petrofin bersama Permekel desa setempat (BUMdes) bersama-sama menggali potensi yang dapat dimanfaatkan untuk turut membantu warga dalam meningkatkan kemandirian.

Tak ketinggalan juga menunjang kualitas hidup mereka terutama secara ekonomi melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga: Korban Pinjol Marak Terjadi Ketika Perekonomian Masyarakat Tengah Terpuruk

Setelah melalui beberapa kajian bersama, disepakati untuk membuat dan memproduksi Virgin Coconut Oil yang didukung penuh oleh Elnusa Petrofin.

Mulai dari tahap sosialisasi dan pembekalan mengenai potensi VCO secara kesehatan dan keekonomian, pelatihan pembuatan VCO secara teori dan praktik dengan menggandeng praktisi berpengalaman, pemberian bantuan mesin parut dan mesin pemeras kelapa.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandi Uno: Pertahankan Lapangan Kerja

Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:12 WIB

Hastag Local Pride naikan Brand Lokal Indonesia

Senin, 4 Oktober 2021 | 20:08 WIB
X