Data Klaim Pengangguran Mingguan AS Buat Harga Emas Tergelincir di Akhir Perdagangan

- Jumat, 19 November 2021 | 07:45 WIB
ilustrasi emas (pixabay)
ilustrasi emas (pixabay)

CHICAGO, suaramerdeka.com - Data klaim pengangguran mingguan AS yang menggembirakan membuat harga emas tergelincir pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB).

Untuk pengiriman Desember, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Exchange, jatuh 8,8 dolar AS atau 0,47 persen, menjadi ditutup pada 1,861,40 dolar AS per ounce.

Jatuhnya harga emas juga disebabkan investor masih mengambil keuntungan setelah harga emas mencapai level tertinggi sejak Juni.

Sehari sebelumnya, Rabu 17 November, emas berjangka terangkat 16,1 dolar AS atau 0,87 persen menjadi 1.870,20 dolar AS, setelah, setelah tergelincir 12,5 dolar AS atau 0,67 persen menjadi 1.854,10 dolar AS pada Selasa 16 November 2021.

Baca Juga: Dua Bahan Alami Ini Ajaib Hilangkan Dahak Menumpuk

Meski harganya menurun, emas masih bertahan di dekat level tertinggi dalam lima bulan.

“Salah satu alasan utama lonjakan emas ini adalah bahwa suku bunga turun cukup keras. Tapi kemudian, mereka bangkit kembali, sehingga menjaga kenaikan terbatas pada emas,” kata Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Data klaim penangguran AS juga memperkuat taruhan untuk kenaikan suku bunga yang lebih awal dari perkiraan oleh Federal Reserve menyusul data inflasi kuat baru-baru ini.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun mendekati level pra-pandemi pekan lalu, data menunjukkan pada Kamis 18 November 2021. Tanda-tanda pemulihan ekonomi mengurangi permintaan untuk logam safe-haven.

Baca Juga: Ingin Nonton WorldSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok, Ini Aturan dan Prokesnya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X