Airlangga Fokus Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi, DPR Mengapresiasi

- Senin, 7 Juni 2021 | 12:10 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (BPMI Setpres/Kris) (Nugroho Wahyu Utomo)
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (BPMI Setpres/Kris) (Nugroho Wahyu Utomo)

DENPASAR, suaramerdeka.com - Langkah tegas Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang saat ini lebih fokus terhadap penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi masyarakat, diapresiasi Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih.

Pasalnya, sektor kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi adalah benteng pertahanan nasional di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu diutarakan usai menghadiri acara Jumpa UKM Muda Bali, Sosialisasi Ultra Mikro di Denpasar, Bali, baru-baru ini.

Baca Juga: Puan Maharani Disarankan Manfaatkan Momen Reses Jika Elektabilitas Ingin Naik

"Menko Airlangga menyatakan fokus pada penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi untuk secepat mungkin membantu masyarakat. Pertama, adalah sisi kesehatan dan kedua adalah pemulihan ekonomi masyarakat. Terlebih, sisi kesehatan masyarakat dan kemudian pemulihan ekonomi khususnya UMKM adalah benteng pertahanan ekonomi," ujar politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan UKM adalah dengan memberi dukungan sebesar Rp184,83 triliun.

Alokasi tersebut termasuk dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang total anggarannya mencapai Rp699,43 triliun pada tahun 2021.

Baca Juga: Menparekraf: Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Artinya 20 persen lebih dana PEN difokuskan untuk UMKM. UMKM berkontribusi 61,1 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan menyerap 97 persen dari total angkatan kerja.

Acara Sosialisasi Ultra Mikro Oleh Gde Sumarjaya Linggih tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada sejumlah pelaku usaha Ultra Mikro mengenai akses permodalan usaha dan program-program pemerintah pro wirausahawan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X